Kamis, 25 Mei 2017

RPP KELAS II



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan      :  MI MIFTAHULFALAH                                                                   
Kelas/Semester           :  II/ II (DUA)
Tema/Sub tema          : Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitar
Pertemuan Ke             : 5
Waktu                          : 1 x pertemuan (6 x35 menit)

A. Kompetensi Inti

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
 4.1 mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
  1.  menjabarkan hewan ayam dengan peta pikiran dengan cermat.

PJOK
Kompetensi Dasar
 2.2 bertanggung jawab terhadap keselaman diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
Indikator
1.2.1   memahami kegiatan yang harus dihindari sebelum melakukan aktifitas dengan sikap rasa ingin tahu.

PPKn
Kompetensi Dasar
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
 4.1 mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
Indikator
1.1.1   menjabarkan sikap yang sesuai dengan nilai sila kedua Pancasila dengan teliti.
4.1.1   mengidentifikasi sikap yang baik terhadap hewan dengan sikap peduli.

C. Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan mengamati, siswa mampu menjabarkan hewan ayam dengan peta pikiran dengan cermat.
  2.  Dengan membaca, siswa mampu memahami kegiatan yang harus dihindari sebelum melakukan aktifitas dengan sikap rasa ingin tahu.
  3. Dengan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi sikap yang baik terhadap hewan dengan sikap peduli.
  4. Dengan membaca, siswa mampu menjabarkan sikap yang sesuai dengan nilai sila kedua Pancasila dengan teliti.

D. Materi Pembelajaran :
          Hewan ayam
          Kegiatan yang harus dihindari sebelum beraktifitas
          Sikap yang baik terhadap hewan
          Sikap yang sesuai dengan nilai sila kedua Pancasila

E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media:  Gambar hewan ayam, gambar sikap terhadap hewan, gambar kegiatan yang sesaui dengan nilai sila kedua Pancasila
2.      Alat/Bahan: alat dan bahan untuk menggambar dan mewarnai
3.      Sumber Belajar;  Buku guru dan siswa, lingkungan sekolah, teman sekelas, lingkungan sekitar.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.     Siswa memulai kegiatan dengan berdoa.
2.     Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
3.     Siswa diminta untuk menyebutkan apa yang siswa ketahui tentang hewan peilharaan ayam sebagai sebuah stimulus untuk kegiatan inti.
10 menit
Kegiatan Inti
1.     Siswa mengamati gambar seekor ayam yang terdapat pada buku siswa. (mengamati)
2.     Siswa dibimbing mengamati gambar secara rinci untuk mengidentifikasi ciri-ciri hewan ayam tersebut. Pada langkah kegiatan ini guru menumbuhkan sikap kemandirian siswa dalam mengamati gambar secara rinci dengan memberikan arahan yang jelas. (mengamati)
3.     Siswa distimulus untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar tersebut. (menanya)
4.     Siswa kemudian mencoba menuliskan apa saja yang siswa ketahui tentang ayam kedalam sebuah kolom peta pikiran yang terdapat oada buku siswa.
5.     Berdasarkan peta pikiran tersbut, siswa lalu mencoba mnuliskan sebuah laporan sederhana dari hasil pengamatannya tentang ayam. Siswa lalu membacakannya di depan kelas. (mencoba)
6.     Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang aktivitas fisik. Dengan bimbingan guru, siswa membahas kegiatan apa yang sebaiknya dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik. Siswa menuliskannya pada buku tulis siswa. (menalar)
7.     Siswa mengamati sebuah gambar kegiatan yang mencerminkan perbuatan yang tidak terpuji terhadap hewan. Siswa lalu mendiskusikan sikap tersebut dan apa sebaiknya yang harus dilakukan jika melihat teman yang bersikap demikian terhadap hewan. (mengkomunikasikan)
8.     Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Siswa kemudian membahas sikap apa saja yang mencerminkan sila kedua Pancasila.
9.     Siswa kemudian memberikan beberapa contoh sikap yang sesuai dnegan sila kedua Pancasila dan menuliskannya pada sebuah gambar kegiatan dnegan sikap yang sesuai.
10. Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada halaman 24
185 menit
Kegiatan Penutup
1.     Siswa membuat kesimpulan kegiatan hari ini.
2.     Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
15 menit
                                                                                               
H. penilaian
Penilaian: Unjuk Kerja
                Rubrik Menulis laporan sederhana hasil pengamatan mencerminkan perbuatan yang tidak terpuji terhadap hewan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Penggunaan
EYD yang
tepat
Menggunakan huruf
kapital, tanda baca,
dan kata depan
secara tepat tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunakan huruf
kapital tanda baca
dan kata depan
kurang digunakan
dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunakan huruf
kapital tanda baca
dan kata depan
kurang digunakan
secara tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunakan huruf
kapital tanda baca
dan kata depan
tidak digunakan
secara tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
Keefektifan
kalimat
Mengandung
unsur kalimat yang
lengkap dengan
susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang
lengkap namun
susunannya kurang
tepat
Mengandung
unsur kalimat yang
kurang lengkap dan
susunannya juga
kurang tepat
Mengandung unsur
kalimat yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami


Kesesuaian
dengan
isi cerita
dengan topik
pembahasan

Cerita sesuai dengan
topik pembahasan
dan dapat
mengembangkan
cerita lebih luas dan
tanpa bimbingan
guru
Cerita sesuai dengan
topik pembahasan
dan dilakukan tanpa
bimbingan guru
Cerita kurang
sesuai dengan topik
pembahasan dan
dilakukan tanpa
bimbingan guru
Cerita kurang
sesuai dengan
topik pembahasan
walaupun telah
dibimbing guru
bimbingan guru
Alur cerita
pada bacaan
Alur cerita pada
bacaan tersusun
hirarki sehingga
tidak terjadi
pengulangan cerita
dan diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang
sempurna
Alur cerita pada
bacaan tersusun
hirarki sehingga
tidak terjadi
pengulangan cerita
namun diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang
kurang sempurna
Alur cerita pada
bacaan tersusun
kurang hirarki
karena terjadi
pengulangan cerita
dan diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang
kurang sempurna
Alur cerita pada
bacaan tersusun
kurang hirarki
karena terjadi
pengulangan cerita
dan tidak membuat
akhir cerita

Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke-  1        Bulan  Maret 2017                                                                       Subtema : Hewan di sekitarku               
No
Nama Peserta Didik
Perkembangan Prilaku
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Tekun
ketelitian
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1

















2

















3

















dst

















Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K= Kurang

Bandung, 31 Maret  2017
Kepala MI MiftahulFalah                                                                    Guru Kelas II


            Siti Hoeriyah SE.I.MM.Pd                                                           Yulia Saripah S.Pd.I
            NUPTK. 1659745647300042  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar