RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MI MIFTAHULFALAH
Kelas/Semester :
II/ II (DUA)
Tema/Sub tema : Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitar
Pertemuan Ke :
5
Waktu : 1 x pertemuan (6 x35
menit)
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
4.1 mengamati dan mencoba menyajikan
teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
- menjabarkan hewan ayam dengan peta pikiran dengan cermat.
PJOK
Kompetensi Dasar
2.2 bertanggung jawab terhadap
keselaman diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
Indikator
1.2.1
memahami kegiatan yang harus dihindari sebelum
melakukan aktifitas dengan sikap rasa ingin tahu.
PPKn
Kompetensi Dasar
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
4.1 mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
Indikator
1.1.1
menjabarkan sikap yang sesuai dengan nilai
sila kedua Pancasila dengan teliti.
4.1.1
mengidentifikasi sikap yang baik terhadap
hewan dengan sikap peduli.
C. Tujuan
Pembelajaran:
- Dengan mengamati, siswa mampu menjabarkan hewan ayam dengan peta pikiran dengan cermat.
- Dengan membaca, siswa mampu memahami kegiatan yang harus dihindari sebelum melakukan aktifitas dengan sikap rasa ingin tahu.
- Dengan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi sikap yang baik terhadap hewan dengan sikap peduli.
- Dengan membaca, siswa mampu menjabarkan sikap yang sesuai dengan nilai sila kedua Pancasila dengan teliti.
D. Materi Pembelajaran :
•
Hewan ayam
•
Kegiatan yang harus dihindari sebelum
beraktifitas
•
Sikap yang baik terhadap hewan
•
Sikap yang sesuai dengan nilai sila kedua
Pancasila
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media: Gambar hewan ayam, gambar sikap terhadap
hewan, gambar kegiatan yang sesaui dengan nilai sila kedua Pancasila
2. Alat/Bahan: alat dan bahan untuk menggambar
dan mewarnai
3. Sumber
Belajar; Buku guru dan siswa, lingkungan sekolah, teman
sekelas, lingkungan sekitar.
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa
memulai kegiatan dengan berdoa.
2.
Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
3.
Siswa
diminta untuk menyebutkan apa yang siswa ketahui tentang hewan peilharaan ayam sebagai sebuah stimulus untuk kegiatan inti.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa mengamati gambar seekor ayam yang terdapat pada buku siswa. (mengamati)
2. Siswa dibimbing
mengamati gambar secara rinci untuk
mengidentifikasi ciri-ciri hewan ayam tersebut. Pada langkah kegiatan ini guru menumbuhkan
sikap kemandirian siswa dalam mengamati gambar secara rinci dengan memberikan arahan yang
jelas. (mengamati)
3. Siswa distimulus
untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar tersebut. (menanya)
4. Siswa kemudian mencoba menuliskan apa saja yang siswa ketahui tentang ayam kedalam
sebuah kolom peta pikiran yang terdapat oada buku siswa.
5. Berdasarkan peta pikiran tersbut, siswa lalu mencoba mnuliskan sebuah
laporan sederhana dari hasil pengamatannya tentang ayam. Siswa lalu
membacakannya di depan kelas. (mencoba)
6. Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang aktivitas fisik. Dengan
bimbingan guru, siswa membahas kegiatan apa yang sebaiknya dihindari sebelum
melakukan aktivitas fisik. Siswa menuliskannya pada buku tulis siswa. (menalar)
7. Siswa mengamati sebuah gambar kegiatan yang mencerminkan perbuatan yang
tidak terpuji terhadap hewan. Siswa lalu mendiskusikan sikap tersebut dan apa
sebaiknya yang harus dilakukan jika melihat teman yang bersikap demikian
terhadap hewan. (mengkomunikasikan)
8. Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang sikap yang sesuai dengan sila
kedua Pancasila. Siswa kemudian membahas sikap apa saja yang mencerminkan
sila kedua Pancasila.
9. Siswa kemudian memberikan beberapa contoh sikap yang sesuai dnegan
sila kedua Pancasila dan menuliskannya pada sebuah gambar kegiatan dnegan
sikap yang sesuai.
10. Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada
halaman 24
|
185 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Siswa membuat
kesimpulan kegiatan hari ini.
2. Siswa menuliskan
refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
|
15 menit
|
H. penilaian
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis
laporan sederhana hasil pengamatan mencerminkan perbuatan yang tidak terpuji terhadap
hewan
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Penggunaan
EYD yang
tepat
|
Menggunakan huruf
kapital, tanda baca,
dan kata depan
secara tepat tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunakan huruf
kapital tanda baca
dan kata depan
kurang digunakan
dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunakan huruf
kapital tanda baca
dan kata depan
kurang digunakan
secara tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunakan huruf
kapital tanda baca
dan kata depan
tidak digunakan
secara tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
Keefektifan
kalimat
|
Mengandung
unsur kalimat yang
lengkap dengan
susunan yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang
lengkap namun
susunannya kurang
tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang
kurang lengkap dan
susunannya juga
kurang tepat
|
Mengandung unsur
kalimat yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
Kesesuaian
dengan
isi cerita
dengan topik
pembahasan
|
Cerita sesuai dengan
topik pembahasan
dan dapat
mengembangkan
cerita lebih luas dan
tanpa bimbingan
guru
|
Cerita sesuai dengan
topik pembahasan
dan dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Cerita kurang
sesuai dengan topik
pembahasan dan
dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Cerita kurang
sesuai dengan
topik pembahasan
walaupun telah
dibimbing guru
bimbingan guru
|
Alur cerita
pada bacaan
|
Alur cerita pada
bacaan tersusun
hirarki sehingga
tidak terjadi
pengulangan cerita
dan diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang
sempurna
|
Alur cerita pada
bacaan tersusun
hirarki sehingga
tidak terjadi
pengulangan cerita
namun diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang
kurang sempurna
|
Alur cerita pada
bacaan tersusun
kurang hirarki
karena terjadi
pengulangan cerita
dan diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang
kurang sempurna
|
Alur cerita pada
bacaan tersusun
kurang hirarki
karena terjadi
pengulangan cerita
dan tidak membuat
akhir cerita
|
Lembar Penilaian Sikap
Minggu
ke- 1
Bulan Maret 2017
Subtema : Hewan di sekitarku
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perkembangan Prilaku
|
|||||||||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Tekun
|
ketelitian
|
||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K=
Kurang
Bandung, 31 Maret
2017
Kepala MI MiftahulFalah Guru
Kelas II
Siti Hoeriyah
SE.I.MM.Pd Yulia Saripah S.Pd.I
NUPTK. 1659745647300042
Tidak ada komentar:
Posting Komentar