Kamis, 25 Mei 2017

RPP KELAS II SD/MI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan      :  MI MIFTAHULFALAH                                                                   
Kelas/Semester           :  II/II (DUA)
Tema/Sub tema          : Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitarku
Pertemuan Ke             : 6
Waktu                          : 1 x pertemuan (6 x35 menit)

A. Kompetensi Inti

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
 4.1 mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
1.1.1   melengkapi kalimat yang sesuai dengan bacaan dengan cermat.
1.1.2   mencatat isi teks laporan sederhana dengan teliti.

Matematika
Kompetensi Dasar
 4.9 membaca dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
Indikator
4.9.1   menghitung jumlah berat beberapa ekor ayam dengan teliti.

SBdP
Kompetensi Dasar
4.9 menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.

Indikator
4.9.1   memeragakan gerakan-gerakan hewan dengan semangat.

PPKn
Kompetensi Dasar
 4.1 mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
Indikator
4.1.1    menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.

C. Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan membaca, siswa mampu melengkapi kalimat yang sesuai dengan bacaan dengan cermat.
  2. Dengan menulis, siswa mampu mencatat isi teks laporan sederhana dengan teliti.
  3. Dengan bermain, siswa mampu memeragakan gerakan-gerakan hewan dengan semangat.
  4. Dengan mengamati, siswa mampu menghitung jumlah berat beberapa ekor ayam dengan teliti.
  5. Dengan membaca, siswa mampu menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.

D. Materi Pembelajaran :
          Manfaat ayam
           Menghitung berat ayam
          Sikap yang sesuai dengan nilai sila ketiga Pancasila

E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media:  gambar-gambar ayam, gambar-gambar kegiatan yang menunjukkan sikap yang sesuai dengan nilai sila ketiga Pancasila
2.      Alat/Bahan: alat dan bahan untuk menggambar
3.      Sumber Belajar;  Buku guru dan siswa, lingkungan sekolah, teman sekelas, teks bacaan tentang manfaat ayam,  lingkungan sekitar.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
  1. Siswa memulai kegiatan dengan berdoa.
  2. Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
  3. Siswa diminta untuk menyebutkan apa yang siswa ketahui tentang manfaat ayam  sebagai sebuah stimulus untuk kegiatan inti.
10 menit
Kegiatan Inti
1.     Siswa membaca sebuah teks bacaan yang berisi tentang manfaat ayam.
2.     Siswa dibimbing mencermati bacaan tersebut dan menyebutkan informasi penting apa saja yang terdapat pada bacaan tersebut. Pada langkah kegiatan ini guru menumbuhkan sikap kemandirian siswa dalam mencermati bacaan secara rinci dengan memberikan arahan yang jelas. (mengamati)
3.     Siswa distimulus untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan tersebut. (menanya)
4.     Siswa kemudian mencoba untuk melengkapi beberapa kalimat yang sesuai dengan bacaan tersebut.
5.     Siswa mencoba mencatat isi teks laporan sederhana tentang ayam dan membacakan laporannya tersbeut di depan kelas. (menalar)
6.     Siswa secara bersama-sama mencoba bermain menebak gerakan beberapa hewan yang pernah dipelajari sebelumnya. Siswa melakukan permainan sesuai dengan apa yang terdapat pada buku siswa.
7.     Siswa mengamati beberapa gambar ayam dan berat masing-masing ayam tersebut. Berdasarkan gambar dengan keterangan beratnya tersebut siswa mencoba menghitung gambar beberapa kelompok ayam lalu mengurutkannya mulai dari yang paling ringan sampai yang paling berat. (mencoba)
8.     Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang sikap yang sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila. Siswa lalu mencoba menyebutkan bunyi sila ketiga pancasila.
9.     Siswa lalu mengamati beberapa contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila yang terdapat pada beberapa gambar kegiatan.
10. Siswa lalu menuliskan beberapa contoh sikap siswa sehari-hari yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila kedalam kolom yang terdapat pada buku siswa.
11.  Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada halaman 28
185 menit
Kegiatan Penutup
1.     Siswa membuat kesimpulan kegiatan hari ini.
2.     Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
15 menit

H. Penilaian                                                               

Rubrik Presentasi
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Tata bahasa
Percakapan disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Sikap
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
Siswa terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guru
Siswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Ketrampilan berbicara
Pengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
Pengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
Pengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar
Pengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti





Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke- 1         Bulan April 2017                                                                   Subtema Hewan di sekitarku          
No
Nama Peserta Didik
Perkembangan Prilaku
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Tekun
ketelitian
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1

















2

















3

















dst

















Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K= Kurang
                                                                                                               
Bandung, 1 April  2017
Kepala MI MiftahulFalah                                                                    Guru Kelas II


            Siti Hoeriyah SE.I.MM.Pd                                                                Yulia Saripah S.Pd.I
            NUPTK. 1659745647300042  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar