RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MI MIFTAHULFALAH
Kelas/Semester :
II/II (DUA)
Tema/Sub tema : Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitarku
Pertemuan Ke :
6
Waktu : 1 x pertemuan (6 x35 menit)
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar:
4.1 mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan
sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
1.1.1
melengkapi kalimat yang sesuai dengan bacaan
dengan cermat.
1.1.2
mencatat isi teks laporan sederhana dengan
teliti.
Matematika
Kompetensi Dasar
4.9
membaca dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan
piktograf.
Indikator
4.9.1
menghitung jumlah berat beberapa ekor ayam
dengan teliti.
SBdP
Kompetensi Dasar
4.9
menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media
rekam.
Indikator
4.9.1
memeragakan gerakan-gerakan hewan dengan
semangat.
PPKn
Kompetensi Dasar
4.1 mengamati
dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
Indikator
4.1.1
menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
C. Tujuan
Pembelajaran:
- Dengan membaca, siswa mampu melengkapi kalimat yang sesuai dengan bacaan dengan cermat.
- Dengan menulis, siswa mampu mencatat isi teks laporan sederhana dengan teliti.
- Dengan bermain, siswa mampu memeragakan gerakan-gerakan hewan dengan semangat.
- Dengan mengamati, siswa mampu menghitung jumlah berat beberapa ekor ayam dengan teliti.
- Dengan membaca, siswa mampu menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
D. Materi Pembelajaran :
•
Manfaat ayam
•
Menghitung berat ayam
•
Sikap yang sesuai dengan nilai sila ketiga
Pancasila
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media: gambar-gambar ayam, gambar-gambar kegiatan yang
menunjukkan sikap yang sesuai dengan nilai sila ketiga Pancasila
2. Alat/Bahan: alat dan bahan untuk menggambar
3. Sumber
Belajar; Buku guru dan siswa, lingkungan sekolah, teman
sekelas, teks bacaan tentang
manfaat ayam, lingkungan
sekitar.
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa membaca sebuah teks bacaan yang berisi tentang manfaat ayam.
2. Siswa dibimbing mencermati bacaan tersebut dan menyebutkan informasi penting apa saja yang terdapat
pada bacaan tersebut. Pada langkah kegiatan
ini guru menumbuhkan sikap kemandirian siswa dalam mencermati bacaan secara rinci dengan memberikan arahan yang
jelas. (mengamati)
3. Siswa distimulus
untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan tersebut. (menanya)
4. Siswa kemudian mencoba untuk melengkapi beberapa kalimat yang sesuai dengan
bacaan tersebut.
5. Siswa mencoba mencatat isi teks laporan sederhana tentang ayam dan membacakan
laporannya tersbeut di depan kelas. (menalar)
6. Siswa secara bersama-sama mencoba bermain menebak gerakan beberapa
hewan yang pernah dipelajari sebelumnya. Siswa melakukan permainan sesuai
dengan apa yang terdapat pada buku siswa.
7. Siswa mengamati beberapa gambar ayam dan berat masing-masing ayam
tersebut. Berdasarkan gambar dengan keterangan beratnya tersebut siswa
mencoba menghitung gambar beberapa kelompok ayam lalu mengurutkannya mulai
dari yang paling ringan sampai yang paling berat. (mencoba)
8. Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang sikap yang sesuai dengan pengamalan
sila ketiga Pancasila. Siswa lalu mencoba menyebutkan bunyi sila ketiga
pancasila.
9. Siswa lalu mengamati beberapa contoh sikap yang sesuai dengan sila
ketiga Pancasila yang terdapat pada beberapa gambar kegiatan.
10. Siswa lalu menuliskan beberapa contoh sikap siswa sehari-hari yang sesuai
dengan sila ketiga Pancasila kedalam kolom yang terdapat pada buku siswa.
11. Pada akhir kegiatan, siswa
diminta untuk mengerjakan soal latihan pada halaman 28
|
185 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Siswa membuat
kesimpulan kegiatan hari ini.
2. Siswa menuliskan refleksi
dari kegiatan yang telah dilakukan.
|
15 menit
|
H. Penilaian
Rubrik Presentasi
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Tata bahasa
|
Percakapan disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan
baku
|
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang
baik dan baku
|
Terdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang
baik dan baku
|
Terdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang
baik dan baku
|
Sikap
|
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan
presentasi siswa
|
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan
presentasi siswa
|
Siswa terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras
mereka sekalipun dalam pengawasan guru
|
Siswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh
guru.
|
Ketrampilan berbicara
|
Pengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan
dapat dimengerti
|
Pengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
|
Pengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap
maksudnya oleh pendengar
|
Pengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas,
menggumam dan tidak dapat dimengerti
|
Lembar Penilaian Sikap
Minggu
ke- 1 Bulan April 2017 Subtema Hewan di sekitarku
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perkembangan Prilaku
|
|||||||||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Tekun
|
ketelitian
|
||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K=
Kurang
Bandung, 1 April
2017
Kepala MI MiftahulFalah Guru
Kelas II
Siti Hoeriyah
SE.I.MM.Pd Yulia Saripah S.Pd.I
NUPTK.
1659745647300042
Tidak ada komentar:
Posting Komentar