Kamis, 25 Mei 2017

RPP KELAS II TEMATIK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  MI MIFTAHULFALAH                                                                   
Kelas/Semester           :  II/II (DUA)
Tema/Sub tema          :  Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitarku
Pertemuan Ke             : 1
Waktu                          : 1 x pertemuan (6 x35 menit)

A.     Kompetensi Inti

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.1 mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerha untuk membantu penyajian.
Indikator
3.1.1   memahami informasi tentang hewan kucing dengan sikap rasa ingin tahu.
4.1.1   membuat kesimpulan dengan teliti.

Matematika
Kompetensi Dasar
3.10 menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk table sederhana.
Indikator
3.10.1    mengurutkan jenis-jenis hewan sesuai dengan beratnya dengan teliti.

SBdP
Kompetensi Dasar
4.9 menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
Indikator
4.9.1 menirukan gerakan kucing dengan cermat.

PPKn
Kompetensi Dasar
1.1    menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, cirri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
4.1 mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
Indikator
1.1.1   melafalkan isi pancasila yang ditulisnya dengan cermat.
4.1.1   menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan pengalaman pancasila dengan sikap peduli.

C. Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan mengamati, siswa mampu menirukan gerakan kucing dengan cermat.
  2. Dengan membaca, siswa mampu memahami informasi tentang hewan kucing dengan sikap rasa ingin tahu.
  3. Dengan menulis, siswa mampu membuat kesimpulan dengan teliti.
  4. Dengan meembandingkan, siswa mampu mengurutkan jenis-jenis hewan sesuai dengan beratnya dengan teliti.
  5. Dengan membaca, siswa mampu melafalkan isi pancasila yang ditulisnya dengan cermat.
  6. Dengan menulis, siswa mampu menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan pengalaman pancasila dengan sikap peduli.

D. Materi Pembelajaran :
          Hewan Kucing
          Jenis-jenis hewan sesuai beratnya
          Sikap-sikap yang sesuai dengan pancasila

E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media:   Gambar-gambar gerakan kucing, gambar-gambar hewan
2.      Alat/Bahan: alat gambar dan alat berhitung
3.      Sumber Belajar;  Buku guru dan siswa, lingkungan sekolah, teman sekelas, Isi Pancasila, lingkungan sekitar.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.     Siswa memulai kegiatan dengan berdoa.
2.     Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
3.     Siswa diminta untuk menyebutkan apa saja hewan peliharaan yang siswa ketahui sebagai sebuah stimulus untuk kegiatan inti.
10 menit
Kegiatan Inti
1.     Siswa mengamati gambar-gambar hewan peliharaan yang terdapat pada buku siswa (mengamati)
2.     Siswa dibimbing mengamati gambar secara rinci untuk mengidentifikasi hewan apa saja yang terdapat pada steiap gambar dengan benar. Pada langkah kegiatan ini guru menumbuhkan sikap kemandirian siswa dalam mengamati gambar secara rinci dengan memberikan arahan yang jelas. (mengamati)
3.     Siswa distimulus untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar tersebut. (menanya)
4.     Siswa dengan bimbingan guru, apa saja ciri-ciri hewan tersebut. Pada kegiatan ini guru mengukur pemahaman siswa dengan meminta siswa untuk menuliskan ciri-ciri hewan pada gambar tersebut. Sikap kemandirian siswa harus dibangun dan dikembangkan melalui kegiatan menulis ini. (mencoba)
5.     Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang kucing dan mengamati beberapa gambar yang menunjukkan aktivitas-aktivitas kucing dan gerakan-gerakan yang dilakukan kucing. Dengan bimbingan guru, siswa membahas apa saja gerakan-gerakan yang dilakukan kucing tersebut.
6.     Siswa lalu mengamati beberapa gambar yang menunjukkan beberapa gerakan yang meniru gerakan kucing.
7.     Siswa lalu mencoba untuk memeragakan gerakan-gerakan tersebut, siswa lalu secara bergantian dengan teman sebangku saling menebak gerakan yang mereka lakukan tersebut. (mencoba)
8.     Siswa membaca sebuah teks informasi tentang cara merawat kucing. Dengan bimbingan guru, siswa membahas apa saja yang sebaikanya dilakukan dan tidak dilakukan dalam merawat hewan peliharaan kucing. 
9.     Guru memberi penjelasan cara membuat kesimpulan dari sebuah informasi. Siswa kemudian mencoba untuk emmbuat sebuah kesimpulan dari teks informasi yang telah dibacanya tersebut dengan melengkapi kalimat yang terdapat pada kotak dalam buku siswa dengan menggunakan kalimatnya sendiri. (Mengkomunikasikan )
10. Siswa mengamati beberapa gambar hewan yang terdapat pada buku siswa. Siswa lalu dibimbing dalam mengurutkan berat badan hewan. Guru menanyakan alasan siswa dengan jawaban yang diberikannya.
11. Siswa mengamati sebuah tabel data yang terdapat pada buku siswa yang berisi nama-nama hewan dengan tabel kosong bagian tenha untuk diisi perbandingan antara satu hewan dengan yang lainnya.
12. Siswa membaca keterangan mengenai tabel tersebut dan mencoba untuk mengisi bagian tabel yang kosong dengan kalimat perbandingan “lebih berat” atau “lebih ringan” berdasarkan keterangan tersebut.
13. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan hasil tabel yang diisinya tersebut.
14. Siswa kemudian diarahkan pada kesimpulan bahwa jika benda yang berukuran hampir sama tidak dapat ditentukan perbandingan beratnya dengan cara memperkirakan. Harus dilakukan pengukuran berat atau harus diketahui keterangan mengenai berat benda.
15. Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang seekor burung garuda. Siswa lalu membahas tentang burung garuda tersebut, dengan bimbingan guru yang mengarahkannya pada lambang sila-sila pancasila yang terdapat pada burung garuda. (mengkomunikasikan)
16. Siswa lalu menuliskan isi pancasila sesuai dengan lambang-lambangnya tersebut pada kolom yang terdapat pada buku siswa.
17. Siswa kemudian melafalkan isi Pancasila yang ditulisnya tersebut secara berurutan mulai dari sila pertama sampai dengan sila kelima.
18. Siswa membahas tentang sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila yaitu menyayangi hewan peliharaan. Siswa kemudian menuliskan contoh-contoh sikap lainnya yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila kedalam bentuk tabel. (menalar)
19. Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada halaman 6 - 7
185 menit
Kegiatan Penutup
1.     Siswa membuat kesimpulan kegiatan hari ini.
2.     Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
15 menit
H. penilaian
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menyimpulkan Hasil Laporan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Kesesuaian
kesimpulan
dengan teks
Kesimpulan singkat
dan mewakili isi
teks.
Kesimpulan agak
panjang dan
mewakili isi teks.
Kesimpulan kurang
mewakili isi teks.
Kesimpulan tidak
mewakili isi teks.
Keefektifan
kalimat
Mampu membuat
kalimat kesimpulan
secara efektif
Mampu membuat
sebagian besar
kalimat kesimpulan
Mampu membuat
sebagian kecil
kalimat kesimpulan
Belum mampu
membuat
kesimpulan
Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke-  1        Bulan  Maret 2017                                                                       Subtema : hewan di sekitarku               
No
Nama Peserta Didik
Perkembangan Prilaku
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Tekun
ketelitian
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1

















2

















3

















dst

















Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K= Kurang
Bandung, 29 Maret  2017
Kepala MI MiftahulFalah                                                                    Guru Kelas II


            Siti Hoeriyah SE.I.MM.Pd                                                           Yulia Saripah S.Pd.I
            NUPTK. 1659745647300042  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar