RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MI MIFTAHULFALAH
Kelas/Semester :
II/II (DUA)
Tema/Sub tema : Merawat
Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitarku
Pertemuan Ke :
1
Waktu : 1 x pertemuan (6 x35
menit)
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.1
mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta
jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam
sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerha untuk membantu
penyajian.
Indikator
3.1.1
memahami informasi tentang hewan kucing dengan
sikap rasa ingin tahu.
4.1.1
membuat kesimpulan dengan teliti.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.10
menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat
yang disajikan dalam bentuk table sederhana.
Indikator
3.10.1
mengurutkan jenis-jenis hewan sesuai dengan
beratnya dengan teliti.
SBdP
Kompetensi Dasar
4.9
menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media
rekam.
Indikator
4.9.1 menirukan gerakan kucing
dengan cermat.
PPKn
Kompetensi Dasar
1.1
menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
beragama, suku bangsa, cirri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
4.1 mengamati
dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
Indikator
1.1.1
melafalkan isi pancasila yang ditulisnya
dengan cermat.
4.1.1
menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan
pengalaman pancasila dengan sikap peduli.
C. Tujuan
Pembelajaran:
- Dengan mengamati, siswa mampu menirukan gerakan kucing dengan cermat.
- Dengan membaca, siswa mampu memahami informasi tentang hewan kucing dengan sikap rasa ingin tahu.
- Dengan menulis, siswa mampu membuat kesimpulan dengan teliti.
- Dengan meembandingkan, siswa mampu mengurutkan jenis-jenis hewan sesuai dengan beratnya dengan teliti.
- Dengan membaca, siswa mampu melafalkan isi pancasila yang ditulisnya dengan cermat.
- Dengan menulis, siswa mampu menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan pengalaman pancasila dengan sikap peduli.
D. Materi Pembelajaran :
•
Hewan Kucing
•
Jenis-jenis hewan sesuai beratnya
•
Sikap-sikap yang sesuai dengan pancasila
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.
Media: Gambar-gambar gerakan kucing,
gambar-gambar hewan
2.
Alat/Bahan: alat gambar dan alat berhitung
3.
Sumber Belajar; Buku guru dan siswa,
lingkungan sekolah, teman sekelas, Isi Pancasila, lingkungan
sekitar.
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa
memulai kegiatan dengan berdoa.
2.
Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
3.
Siswa
diminta untuk menyebutkan apa saja hewan peliharaan yang siswa ketahui sebagai sebuah stimulus untuk kegiatan inti.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa mengamati gambar-gambar hewan peliharaan yang terdapat pada buku siswa (mengamati)
2. Siswa dibimbing
mengamati gambar secara rinci untuk
mengidentifikasi hewan apa saja yang terdapat pada steiap gambar
dengan benar. Pada langkah kegiatan
ini guru menumbuhkan sikap kemandirian siswa dalam mengamati gambar secara rinci dengan
memberikan arahan yang jelas. (mengamati)
3. Siswa distimulus
untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar tersebut. (menanya)
4. Siswa dengan bimbingan
guru, apa saja ciri-ciri hewan tersebut. Pada kegiatan ini guru mengukur pemahaman siswa dengan meminta siswa untuk menuliskan ciri-ciri hewan pada gambar tersebut. Sikap kemandirian siswa harus dibangun
dan dikembangkan melalui kegiatan menulis ini. (mencoba)
5. Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang kucing dan mengamati beberapa
gambar yang menunjukkan aktivitas-aktivitas kucing dan gerakan-gerakan yang
dilakukan kucing. Dengan bimbingan guru, siswa membahas apa saja
gerakan-gerakan yang dilakukan kucing tersebut.
6. Siswa lalu mengamati beberapa gambar yang menunjukkan beberapa gerakan
yang meniru gerakan kucing.
7. Siswa lalu mencoba untuk memeragakan gerakan-gerakan tersebut, siswa
lalu secara bergantian dengan teman sebangku saling menebak gerakan yang
mereka lakukan tersebut. (mencoba)
8. Siswa membaca sebuah teks informasi tentang cara merawat kucing.
Dengan bimbingan guru, siswa membahas apa saja yang sebaikanya dilakukan dan
tidak dilakukan dalam merawat hewan peliharaan kucing.
9. Guru memberi penjelasan cara membuat kesimpulan dari sebuah informasi.
Siswa kemudian mencoba untuk emmbuat sebuah kesimpulan dari teks informasi
yang telah dibacanya tersebut dengan melengkapi kalimat yang terdapat pada
kotak dalam buku siswa dengan menggunakan kalimatnya sendiri. (Mengkomunikasikan )
10. Siswa mengamati beberapa gambar hewan yang terdapat pada buku siswa.
Siswa lalu dibimbing dalam mengurutkan berat badan hewan. Guru menanyakan
alasan siswa dengan jawaban yang diberikannya.
11. Siswa mengamati sebuah tabel data yang terdapat pada buku siswa yang
berisi nama-nama hewan dengan tabel kosong bagian tenha untuk diisi
perbandingan antara satu hewan dengan yang lainnya.
12. Siswa membaca keterangan mengenai tabel tersebut dan mencoba untuk mengisi
bagian tabel yang kosong dengan kalimat perbandingan “lebih berat” atau
“lebih ringan” berdasarkan keterangan tersebut.
13. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan hasil tabel yang
diisinya tersebut.
14. Siswa kemudian diarahkan pada kesimpulan bahwa jika benda yang
berukuran hampir sama tidak dapat ditentukan perbandingan beratnya dengan
cara memperkirakan. Harus dilakukan pengukuran berat atau harus diketahui
keterangan mengenai berat benda.
15. Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang seekor burung garuda. Siswa
lalu membahas tentang burung garuda tersebut, dengan bimbingan guru yang
mengarahkannya pada lambang sila-sila pancasila yang terdapat pada burung
garuda. (mengkomunikasikan)
16. Siswa lalu menuliskan isi pancasila sesuai dengan lambang-lambangnya
tersebut pada kolom yang terdapat pada buku siswa.
17. Siswa kemudian melafalkan isi Pancasila yang ditulisnya tersebut
secara berurutan mulai dari sila pertama sampai dengan sila kelima.
18. Siswa membahas tentang sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila
yaitu menyayangi hewan peliharaan. Siswa kemudian menuliskan contoh-contoh
sikap lainnya yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila kedalam bentuk
tabel. (menalar)
19. Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada
halaman 6 - 7
|
185 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Siswa membuat
kesimpulan kegiatan hari ini.
2. Siswa menuliskan
refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
|
15 menit
|
H. penilaian
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menyimpulkan Hasil
Laporan
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kesesuaian
kesimpulan
dengan teks
|
Kesimpulan singkat
dan mewakili isi
teks.
|
Kesimpulan agak
panjang dan
mewakili isi teks.
|
Kesimpulan kurang
mewakili isi teks.
|
Kesimpulan tidak
mewakili isi teks.
|
Keefektifan
kalimat
|
Mampu membuat
kalimat kesimpulan
secara efektif
|
Mampu membuat
sebagian besar
kalimat kesimpulan
|
Mampu membuat
sebagian kecil
kalimat kesimpulan
|
Belum mampu
membuat
kesimpulan
|
Lembar Penilaian Sikap
Minggu
ke- 1
Bulan Maret 2017 Subtema : hewan di sekitarku
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perkembangan Prilaku
|
|||||||||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Tekun
|
ketelitian
|
||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K=
Kurang
Bandung, 29 Maret
2017
Kepala MI MiftahulFalah Guru
Kelas II
Siti Hoeriyah
SE.I.MM.Pd Yulia Saripah S.Pd.I
NUPTK.
1659745647300042
Tidak ada komentar:
Posting Komentar