Kamis, 25 Mei 2017

RPP KELAS II



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan      :  MI MIFTAHULFALAH                                                                   
Kelas/Semester           :  II/ II (DUA)
Tema/Sub tema          : Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitar
Pertemuan Ke             : 4
Waktu                          : 1 x pertemuan (6 x35 menit)

A.     Kompetensi Inti

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1      mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerha untuk membantu penyajian.
Indikator
1.1.1            memahami tentang hewan kelinci dengan sikap rasa ingin tahu.
   4.1.1     membuat kesimpulan tentang kelinci dengan teliti.

SBDP
Kompetensi Dasar
1.2      Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
       4.9 menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media
               rekam.
Indikator
3.3.1  menyanyikan lagu “kelinciku” dengan semangat.
4.9.1  menirukan gerakan seekor kelinci dengan kompak.

PPKn
Kompetensi Dasar
4.1 mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
Indikator
4.1.1  menjelaskan contoh sikap yang sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila dengan teliti.

C. Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan membaca, siswa mampu memahami tentang hewan kelinci dengan sikap rasa ingin tahu.
  2. Dengan menulis, siswa mampu membuat kesimpulan tentang kelinci dengan teliti.
  3. Dengan bernyanyi, siswa mampu menyanyikan lagu “kelinciku” dengan semangat.
  4. Dengan mengamati, siswa mampu menirukan gerakan seekor kelinci dengan kompak.
  5. Dengan menulis, siswa mampu menjelaskan contoh sikap yang sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila dengan teliti.

D. Materi Pembelajaran :
          Hewan Kelinci
          Lagu berjudul “kelinciku”
          Gerakan kelinci
          Sikap yang sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila

E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media:  Teks bacaan tentang kelinci, lirik lagu “kelinciku”, gambar gerakan kelinci
2.      Alat/Bahan: benda-benda untuk berhitung
3.      Sumber Belajar;  Buku guru dan siswa, lingkungan sekolah, teman sekelas, lingkungan sekitar.
                              
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.     Siswa memulai kegiatan dengan berdoa.
2.     Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
3.     Siswa diminta untuk menyebutkan apa yang siswa ketahui tentang ciri-ciri hewan kelinci  sebagai sebuah stimulus untuk kegiatan inti.
10 menit
Kegiatan Inti
1.     Siswa mengamati gambar hewan yang terdapat pada buku siswa (mengamati)
2.     Siswa dibimbing mengamati gambar secara rinci untuk mengidentifikasi binatang apakah itu. Pada langkah kegiatan ini guru menumbuhkan sikap kemandirian siswa dalam mengamati gambar secara rinci dengan memberikan arahan yang jelas. (mengamati)
3.     Siswa distimulus untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar tersebut. (menanya)
4.     Siswa secara lisan mencoba menjelaskan apa saja ciri-ciri hewan kelinci tersebut berdasarkan gambar.
5.     Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang hewan kelinci.
6.     Siswa kemudian membahas jenis hewan apakah kelinci itu dan macam-macam jenis kelinci.
7.     Siswa kemudian membuat kesimpulan tentang hewan kelinci berdasarkan bacaan tersebut dengan cara membuat peta pikiran terlebih dahulu. Siswa menuliskan kesimpulannya dengan menggunakan huruf tegak bersambung (menalar)
8.     Dengan bimbingan guru, siswa mempelajari sebuah lagu yang berjudul “kelinciku”.
9.     Siswa lalu menyanyikannya secara bersa-sama sambil menirukan gerakannya.
10. Siswa mengamati gambar berbagai gerak kelinci yang terdapat pada buku siswa. Siswa kemudian melakukan gerakn-gerakan tersebut secara bersama-sama dengan kompak.
11. Siswa membahas sebuah sikap yang mencerminkan pengalamalan sila kedua pancasila.
12. Siswa kemudian menuliskan bunyi sila kedua Pancasila pada buku siswa dan menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan sila tersebut.
13. Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada halaman 21.
185 menit
Kegiatan Penutup
1.     Siswa membuat kesimpulan kegiatan hari ini.
2.     Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
15 menit
                                               
H. penilaian
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Kemampuan
siswa
menirukan
gerakan
kelinci
kemampuan
menirukan gerakan
kelinci sempurna
yaitu memperakan
gerakan melompat
dengan semangat
dan posisi tangan
membentuk telinga
yang panjang
kemampuan
menirukan gerakan
kelinci bagus yaitu
memperakan
gerakan melompat
dengan kurang
semangat dan posisi
tangan membentuk
telinga yang panjang
kemampuan
menirukan gerakan
kelinci cukup bagus
yaitu memperakan
gerakan melompat
dengan semangat
tanpa posisi tangan
membentuk telinga
yang panjang
kemampuan
menirukan gerakan
kelinci tidak
bagus yaitu hanya
memperakan
gerakan melompat
namun kurang
semangat serta
tanpa posisi tangan
membentuk telinga
yang panjang
Kemampuan
siswa
melakukan
gerakan
sambil
bernyanyi
irama dan tempo
lagu dalam
melakukan gerakan
sempurna yaitu
irama dan tempo
lagu sesuai
dengan apa yang
dinyanyikan guru
dan seirama
dengan gerakan,
gerakannyapun
sesuai
irama dan tempo
lagu dalam
melakukan gerakan
bagus yaitu irama
dan tempo lagu
sesuai dengan apa
yang dinyanyikan
guru namun kurang
seirama dengan
gerakan, gerakannya
sesuai
irama dan tempo
lagu dalam
melakukan gerakan
cukup bagus yaitu
irama dan tempo
lagu kurang sesuai
dengan apa yang
dinyanyikan guru
namun seirama
dengan gerakan,
gerakannyapun
kurang sesuai
irama dan tempo
lagu dalam
melakukan gerakan
tidak bagus yaitu
irama dan tempo
lagu kurang sesuai
dengan apa yang
dinyanyikan guru
dan kurang seirama
dengan gerakan
dan gerakannyapun
kurang sesuai

Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke- 1         Bulan  Maret 2017                                                                       Subtema Hewan disekitarku  
No
Nama Peserta Didik
Perkembangan Prilaku
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Tekun
ketelitian
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1

















2

















3

















dst

















Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K= Kurang

Bandung, 30 Maret  2017
Kepala MI MiftahulFalah                                                                    Guru Kelas II


            Siti Hoeriyah SE.I.MM.Pd                                                           Yulia Saripah S.Pd.I
            NUPTK. 1659745647300042  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar