RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MI MIFTAHULFALAH
Kelas/Semester :
II/ II (DUA)
Tema/Sub tema : Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitar
Pertemuan Ke :
4
Waktu : 1 x pertemuan (6 x35
menit)
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1
mengenal teks laporan sederhana
tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 mengamati dan mencoba
menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta
jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerha untuk membantu penyajian.
Indikator
1.1.1
memahami tentang hewan kelinci dengan sikap rasa ingin tahu.
4.1.1 membuat kesimpulan
tentang kelinci dengan teliti.
SBDP
Kompetensi Dasar
1.2 Memahami
gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
4.9
menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media
rekam.
rekam.
Indikator
3.3.1 menyanyikan lagu “kelinciku” dengan semangat.
4.9.1 menirukan gerakan seekor kelinci dengan
kompak.
PPKn
Kompetensi Dasar
4.1 mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
Indikator
4.1.1 menjelaskan contoh sikap yang sesuai dengan pengamalan sila kedua
Pancasila dengan teliti.
C. Tujuan Pembelajaran:
- Dengan membaca, siswa mampu memahami tentang hewan kelinci dengan sikap rasa ingin tahu.
- Dengan menulis, siswa mampu membuat kesimpulan tentang kelinci dengan teliti.
- Dengan bernyanyi, siswa mampu menyanyikan lagu “kelinciku” dengan semangat.
- Dengan mengamati, siswa mampu menirukan gerakan seekor kelinci dengan kompak.
- Dengan menulis, siswa mampu menjelaskan contoh sikap yang sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila dengan teliti.
D. Materi Pembelajaran :
•
Hewan Kelinci
•
Lagu berjudul “kelinciku”
•
Gerakan kelinci
•
Sikap yang sesuai dengan pengamalan sila kedua
Pancasila
E. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi
F. Media, Alat dan Sumber
Belajar
1.
Media: Teks bacaan tentang
kelinci, lirik lagu “kelinciku”, gambar gerakan kelinci
2.
Alat/Bahan: benda-benda untuk berhitung
3.
Sumber Belajar; Buku guru dan siswa,
lingkungan sekolah, teman sekelas, lingkungan sekitar.
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa
memulai kegiatan dengan berdoa.
2.
Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
3.
Siswa
diminta untuk menyebutkan apa yang siswa ketahui tentang ciri-ciri hewan kelinci sebagai sebuah stimulus untuk
kegiatan inti.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa mengamati gambar hewan yang terdapat pada buku siswa (mengamati)
2. Siswa dibimbing
mengamati gambar secara rinci untuk
mengidentifikasi binatang apakah itu. Pada langkah kegiatan ini guru menumbuhkan sikap
kemandirian siswa dalam mengamati gambar secara rinci dengan memberikan arahan yang
jelas. (mengamati)
3. Siswa distimulus
untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar tersebut. (menanya)
4. Siswa secara lisan mencoba menjelaskan apa saja ciri-ciri hewan kelinci
tersebut berdasarkan gambar.
5. Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang hewan kelinci.
6. Siswa kemudian membahas jenis hewan apakah kelinci itu dan macam-macam
jenis kelinci.
7. Siswa kemudian membuat kesimpulan tentang hewan kelinci berdasarkan
bacaan tersebut dengan cara membuat peta pikiran terlebih dahulu. Siswa
menuliskan kesimpulannya dengan menggunakan huruf tegak bersambung (menalar)
8. Dengan bimbingan guru, siswa mempelajari sebuah lagu yang berjudul
“kelinciku”.
9. Siswa lalu menyanyikannya secara bersa-sama sambil menirukan
gerakannya.
10. Siswa mengamati gambar berbagai gerak kelinci yang terdapat pada buku
siswa. Siswa kemudian melakukan gerakn-gerakan tersebut secara bersama-sama
dengan kompak.
11. Siswa membahas sebuah sikap yang mencerminkan pengalamalan sila kedua
pancasila.
12. Siswa kemudian menuliskan bunyi sila kedua Pancasila pada buku siswa
dan menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan sila tersebut.
13.
Pada akhir
kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada halaman 21.
|
185 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Siswa membuat
kesimpulan kegiatan hari ini.
2. Siswa menuliskan
refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
|
15 menit
|
H. penilaian
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membentuk karya
relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kemampuan
siswa
menirukan
gerakan
kelinci
|
kemampuan
menirukan gerakan
kelinci sempurna
yaitu memperakan
gerakan melompat
dengan semangat
dan posisi tangan
membentuk telinga
yang panjang
|
kemampuan
menirukan gerakan
kelinci bagus yaitu
memperakan
gerakan melompat
dengan kurang
semangat dan posisi
tangan membentuk
telinga yang panjang
|
kemampuan
menirukan gerakan
kelinci cukup bagus
yaitu memperakan
gerakan melompat
dengan semangat
tanpa posisi tangan
membentuk telinga
yang panjang
|
kemampuan
menirukan gerakan
kelinci tidak
bagus yaitu hanya
memperakan
gerakan melompat
namun kurang
semangat serta
tanpa posisi tangan
membentuk telinga
yang panjang
|
Kemampuan
siswa
melakukan
gerakan
sambil
bernyanyi
|
irama dan tempo
lagu dalam
melakukan gerakan
sempurna yaitu
irama dan tempo
lagu sesuai
dengan apa yang
dinyanyikan guru
dan seirama
dengan gerakan,
gerakannyapun
sesuai
|
irama dan tempo
lagu dalam
melakukan gerakan
bagus yaitu irama
dan tempo lagu
sesuai dengan apa
yang dinyanyikan
guru namun kurang
seirama dengan
gerakan, gerakannya
sesuai
|
irama dan tempo
lagu dalam
melakukan gerakan
cukup bagus yaitu
irama dan tempo
lagu kurang sesuai
dengan apa yang
dinyanyikan guru
namun seirama
dengan gerakan,
gerakannyapun
kurang sesuai
|
irama dan tempo
lagu dalam
melakukan gerakan
tidak bagus yaitu
irama dan tempo
lagu kurang sesuai
dengan apa yang
dinyanyikan guru
dan kurang seirama
dengan gerakan
dan gerakannyapun
kurang sesuai
|
Lembar Penilaian Sikap
Minggu
ke- 1 Bulan Maret 2017 Subtema Hewan disekitarku
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perkembangan Prilaku
|
|||||||||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Tekun
|
ketelitian
|
||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K=
Kurang
Bandung, 30 Maret
2017
Kepala MI MiftahulFalah Guru
Kelas II
Siti Hoeriyah
SE.I.MM.Pd Yulia Saripah S.Pd.I
NUPTK. 1659745647300042
Tidak ada komentar:
Posting Komentar