Kamis, 25 Mei 2017

RPP KELAS II



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan      :  MI MIFTAHULFALAH                                                                   
Kelas/Semester           :  II/ II (DUA)
Tema/Sub tema          : Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitarku
Pertemuan Ke             : 3
Waktu                          : 1 x pertemuan (6 x35 menit)

A.     Kompetensi Inti

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1      mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerha untuk membantu penyajian.
Indikator
1.1.1        menjawab beberapa pertanyaan yang sesuai dengan bacaan dengan cermat.
4.1.1   menjabarkan informasi dari sebuah teks bacaan dengan teliti.
Matematika
Kompetensi Dasar
4.9 membaca dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
Indikator
4.9.1   menentukan banyaknya bunga pada piktograf dengan teliti.
4.9.2   piktograf dengan kreatif.
4.9.3   mengidentifikasi berat benda dengan cermat.
SBDP
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
Indikator
 3.3.1 menyanyikan lagu “kupu-kupu” dengan gerakan.

C. Tujuan Pembelajaran:
  1. Dengan membaca, siswa menjawab beberapa pertanyaan yang sesuai dengan bacaan dengan cermat.
  2.  Dengan menulis, siswa mampu menjabarkan informasi dari sebuah teks bacaan dengan teliti.
  3. Dengan mengamati, siswa mampu menentukan banyaknya bunga pada piktograf dengan teliti.
  4. Dengan berkarya, siswa mampu membuat piktograf dengan kreatif.
  5. Dengan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi berat benda dengan cermat.
  6. Dengan bernyanyi, siswa mampu menyanyikan lagu “kupu-kupu” dengan gerakan.

D. Materi Pembelajaran :
          Kehidupan kupu-kupu
          Piktograf
          Menyanyikan lagu “kupu-kupu”

E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media:  piktograf, gambar-gambar benda dengan ukuran yang berbeda.
2.      Alat/Bahan: benda-benda untuk berhitung
3.      Sumber Belajar;  Buku guru dan siswa, lingkungan sekolah, teman sekelas, teks bacaan tentang kupu-kupu, lirik lagu “kupu-kupu”,  lingkungan sekitar.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.     Siswa memulai kegiatan dengan berdoa.
2.     Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
3.     Siswa diminta untuk menyebutkan jenis serangga apa sajakah yang terdapat ditaman  sebagai sebuah stimulus untuk kegiatan inti.
10 menit
Kegiatan Inti
1.     Siswa mengamati gambar sebuah halaman rumah yang terdapat pada buku siswa (mengamati)
2.     Siswa dibimbing mengamati gambar secara rinci untuk mengidentifikasi apa saja yang terdapat pada halaman rumah tersebut. Pada langkah kegiatan ini guru menumbuhkan sikap kemandirian siswa dalam mengamati gambar secara rinci dengan memberikan arahan yang jelas. (mengamati)
3.     Siswa distimulus untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar tersebut. (menanya)
4.     Siswa membaca sebuah teks bacaan yang menceritakan tentang kupu-kupu.
5.     Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang kehidupan kupu-kupu, mulai dari cara berkembang biaknya sampai manfaat kupu-kupu bagi manusia.
6.     Siswa kemudian menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada buku siswa dan menjawabnya berdasarkan bacaan tersebut. (menalar)
7.     Siswa kemudian mencoba menuliskan informasi-informasi penting yang terdapat pada teks wacana tersebut dnegan menggunakan huruf tegak bersambung. Siswa lalu membacakan tulisannya tersebut di depan kelas dengan lafal dan intonasi yang jelas. (mengkomunikasikan)
8.     Siswa mengamati sebuah data dalam bentuk piktograf yang berisi data tentang jenis bunga dan jumlahnya. Siswa membaca keterangan yang menjelaskan piktograf tersebut dan mencoba menentukan banyak beberapa bunga lainnya.
9.     Siswa menumpulkan data warna bunga apa yang disukai teman-temannya, berdasarkan data tersebut siswa kemudian menuangkannya ke dalam bentuk piktograf.
10. Siswa mengamati beberapa gambar pupuk dalam kemasan dengan berat yang berbeda-beda.
11. Berdasarkan data pada gambar pertama, siswa mengidentifikasi gambar kelompok beberapa pupuk dalam kemasan dengan menandai gambar yang lebih berat.
12. Dengan bimbingan guru, siswa mempelajari sebuah lagu berjudul “kupu-kupu”. Siswa lalu menyanyikan lagu tersebut sambil menirukan gerakan kupu-kupu secara bersama-sama.
13. Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada 18
185 menit
Kegiatan Penutup
1.     Siswa membuat kesimpulan kegiatan hari ini.
2.     Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
15 menit

H. Penilaian
Rubrik Menyanyi
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Penguasaan lagu
Siswa hafal seluruh syair lagu ,irama tepat
Siswa hafal seluruh syair lagu ,irama kurang tepat sebaliknya
Siswa hafal sebagian kecil syair lagu
Siswa belum hafal syair lagu
Penguasaan tinggi rendah dan panjang pendek nada
Siswa dapat menyanyikan lagu dengan intonasi nada yang tepat dan dapat mengikuti irama
Siswa dapat menyanyikan lagu dengan intonasi nada yang tepat dan dapat mengikuti irama
Siswa dapat menyanyikan lagu dengan intonasi nada yang tepat dan dapat mengikuti irama
Siswa dapat menyanyikan lagu dengan intonasi nada yang tepat dan dapat mengikuti irama
        



Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke- 1         Bulan  Maret 2017                                                                       Subtema Hewan disekitarku  
No
Nama Peserta Didik
Perkembangan Prilaku
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Tekun
ketelitian
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1

















2

















3

















dst

















Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K= Kurang

Bandung, 31 Maret  2017
Kepala MI MiftahulFalah                                                                    Guru Kelas II


            Siti Hoeriyah SE.I.MM.Pd                                                                 Yulia Saripah S.Pd.I
            NUPTK. 1659745647300042  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar