RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MI MIFTAHULFALAH
Kelas/Semester :
II/ II (DUA)
Tema/Sub tema : Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitarku
Pertemuan Ke :
3
Waktu : 1 x pertemuan (6 x35
menit)
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1
mengenal teks laporan sederhana
tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1
mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar,
hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerha untuk membantu penyajian.
Indikator
1.1.1
menjawab beberapa pertanyaan yang sesuai
dengan bacaan dengan cermat.
4.1.1
menjabarkan informasi dari sebuah teks bacaan
dengan teliti.
Matematika
Kompetensi Dasar
4.9 membaca
dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
Indikator
4.9.1
menentukan banyaknya bunga pada piktograf
dengan teliti.
4.9.2
piktograf dengan kreatif.
4.9.3
mengidentifikasi berat benda dengan cermat.
SBDP
Kompetensi Dasar
3.3
Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
Indikator
3.3.1 menyanyikan lagu
“kupu-kupu” dengan gerakan.
C. Tujuan
Pembelajaran:
- Dengan membaca, siswa menjawab beberapa pertanyaan yang sesuai dengan bacaan dengan cermat.
- Dengan menulis, siswa mampu menjabarkan informasi dari sebuah teks bacaan dengan teliti.
- Dengan mengamati, siswa mampu menentukan banyaknya bunga pada piktograf dengan teliti.
- Dengan berkarya, siswa mampu membuat piktograf dengan kreatif.
- Dengan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi berat benda dengan cermat.
- Dengan bernyanyi, siswa mampu menyanyikan lagu “kupu-kupu” dengan gerakan.
D. Materi Pembelajaran :
•
Kehidupan kupu-kupu
•
Piktograf
•
Menyanyikan lagu “kupu-kupu”
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media: piktograf, gambar-gambar benda dengan ukuran
yang berbeda.
2. Alat/Bahan: benda-benda untuk
berhitung
3. Sumber
Belajar; Buku guru dan siswa, lingkungan sekolah, teman
sekelas, teks bacaan tentang
kupu-kupu, lirik lagu “kupu-kupu”, lingkungan sekitar.
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa
memulai kegiatan dengan berdoa.
2.
Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
3.
Siswa
diminta untuk menyebutkan jenis serangga apa sajakah yang terdapat ditaman sebagai sebuah stimulus
untuk kegiatan inti.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa mengamati gambar sebuah halaman rumah yang terdapat pada buku siswa (mengamati)
2. Siswa dibimbing
mengamati gambar secara rinci untuk
mengidentifikasi apa saja yang terdapat pada halaman rumah tersebut. Pada langkah kegiatan ini guru menumbuhkan
sikap kemandirian siswa dalam mengamati gambar secara rinci dengan memberikan arahan yang
jelas. (mengamati)
3. Siswa distimulus
untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar tersebut. (menanya)
4. Siswa membaca sebuah teks bacaan yang menceritakan tentang kupu-kupu.
5. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang kehidupan kupu-kupu,
mulai dari cara berkembang biaknya sampai manfaat kupu-kupu bagi manusia.
6. Siswa kemudian menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
dan menjawabnya berdasarkan bacaan tersebut. (menalar)
7. Siswa kemudian mencoba menuliskan informasi-informasi penting yang
terdapat pada teks wacana tersebut dnegan menggunakan huruf tegak bersambung. Siswa lalu
membacakan tulisannya tersebut di depan kelas dengan lafal dan intonasi yang
jelas. (mengkomunikasikan)
8. Siswa mengamati sebuah data dalam bentuk piktograf yang berisi data
tentang jenis bunga dan jumlahnya. Siswa membaca keterangan yang menjelaskan
piktograf tersebut dan mencoba menentukan banyak beberapa bunga lainnya.
9. Siswa menumpulkan data warna bunga apa yang disukai teman-temannya,
berdasarkan data tersebut siswa kemudian menuangkannya ke dalam bentuk
piktograf.
10. Siswa mengamati beberapa gambar pupuk dalam kemasan dengan berat yang
berbeda-beda.
11. Berdasarkan data pada gambar pertama, siswa mengidentifikasi gambar
kelompok beberapa pupuk dalam kemasan dengan menandai gambar yang lebih
berat.
12. Dengan bimbingan guru, siswa mempelajari sebuah lagu berjudul
“kupu-kupu”. Siswa lalu menyanyikan lagu tersebut sambil menirukan gerakan
kupu-kupu secara bersama-sama.
13. Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada
18
|
185 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Siswa membuat
kesimpulan kegiatan hari ini.
2. Siswa menuliskan
refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
|
15 menit
|
H. Penilaian
Rubrik Menyanyi
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Penguasaan lagu
|
Siswa hafal seluruh syair
lagu ,irama tepat
|
Siswa hafal seluruh syair
lagu ,irama kurang tepat sebaliknya
|
Siswa hafal sebagian kecil
syair lagu
|
Siswa belum hafal syair
lagu
|
Penguasaan tinggi rendah
dan panjang pendek nada
|
Siswa dapat menyanyikan
lagu dengan intonasi nada yang tepat dan dapat mengikuti irama
|
Siswa dapat menyanyikan
lagu dengan intonasi nada yang tepat dan dapat mengikuti irama
|
Siswa dapat menyanyikan
lagu dengan intonasi nada yang tepat dan dapat mengikuti irama
|
Siswa dapat menyanyikan
lagu dengan intonasi nada yang tepat dan dapat mengikuti irama
|
Lembar Penilaian Sikap
Minggu
ke- 1 Bulan Maret 2017 Subtema Hewan disekitarku
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perkembangan Prilaku
|
|||||||||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Tekun
|
ketelitian
|
||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K=
Kurang
Bandung, 31 Maret
2017
Kepala MI MiftahulFalah Guru
Kelas II
Siti Hoeriyah SE.I.MM.Pd Yulia Saripah S.Pd.I
NUPTK.
1659745647300042
Tidak ada komentar:
Posting Komentar