RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MI MIFTAHULFALAH
Kelas/Semester :
II/ II (DUA)
Tema/Sub tema : Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitarku
Pertemuan Ke :
2
Waktu : 1 x pertemuan (6 x35
menit)
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar:
3.1
mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta
jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Indikator
1.1.1
membuat pertanyaan tentang jenis-jenis telur
dengan sikap rasa ingin tahu.
1.1.2
menulis peta pikiran tentang bebek dengan
cermat.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.10
menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat
yang disajikan dalam bentuk table sederhana.
4.9 membaca dan mendeskripsikan
data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
Indikator
3.10.1 menjumlahkan banyaknya
telur dengan teliti.
4.9.1
menjabarkan jumlah hewan berdasarkan piktograf
dengan teliti.
PPKn
Kompetensi Dasar
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral
Indikator
1.1.1
mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai
dengan sila Pertama Pancasila dengan teliti.
C. Tujuan
Pembelajaran:
1.
Dengan mengamati, siswa mampu membuat
pertanyaan tentang jenis-jenis telur dengan sikap rasa ingin tahu.
2.
Dengan menulis, siswa mampu menulis peta
pikiran tentang bebek dengan cermat.
3.
Dengan bercerita, siswa mampu menjelaskan
aktifitas fisik yang biasa dikalukan dengan teliti.
4.
Dengan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi
sikap-sikap yang sesuai dengan sila Pertama Pancasila dengan teliti.
5.
Dengan berhitung, siswa mampu menjumlahkan
banyaknya telur dengan teliti.
6.
Dengan mengamati, siswa mampu menjabarkan
jumlah hewan berdasarkan piktograf dengan teliti.
D. Materi Pembelajaran :
•
Jenis-jenis telur
•
Hewan bebek
•
Sikap yang sesuai dengan sila pertama
pancasila
•
Piktograf
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.
Media: Piktograf,
gambar-gambar yang menunjukkan sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila,
kolom peta pikiran
2.
Alat/Bahan: Alat tulis siswa
3.
Sumber Belajar; Buku guru dan siswa,
lingkungan sekolah, teman sekelas, lingkungan sekitar.
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa
memulai kegiatan dengan berdoa.
2.
Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
3.
Siswa
diminta untuk menyebutkan hewan apa saja yang bertelur sebagai
sebuah stimulus untuk kegiatan inti.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa mengamati gambar-gambar jenis telur yang terdapat pada buku siswa (mengamati)
2. Siswa dibimbing
mengamati gambar secara rinci untuk
mengidentifikasi bagaimana bentuk dan warna telur-telur tersebut. Pada langkah kegiatan ini guru menumbuhkan
sikap kemandirian siswa dalam mengamati gambar secara rinci dengan memberikan arahan yang
jelas. (mengamati)
3
Siswa dibimbing untuk mengamati gambar dengan cermat. Siswa diminta untuk mencoba menebak telur dari
hewan apa sajakah telur tersebut berasal. Pada tahap ini guru membimbing siswa untuk bersikap terbuka dan
menghargai pendapat temannya yang mungkin saja berbeda pendapat.
4
Siswa distimulus untuk mengemukakan pertanyaan
yang berhubungan dengan gambar tersebut (menanya)
5
Siswa kemudian membuat beberapa
pertanyaan secara tertulis pada buku tulisnya berdasarkan gambar tersebut
misalnya tentang ukuran, warna, dan urutan besar telur.
Siswa kemudian saling bertukar pertanyaan dengan
teman sebangkunya dan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyana tersebut pada
buku temannya. (mencoba)
6
Siswa mengamati
gambar seekor bebek, dengan bimbingan guru siswa lalu membahas tentang hewan
bebek.
7
Siswa lalu
menuliskan keterangan tentang bebek yang siswa ketahui pada sebuah kolom
dalam peta pikiran yang terdapat pada buku siswa. (menalar)
8
Berdasarkan peta
pikiran tentang bebek tersebut, siswa lalu menuliskan laporan sederhana dan
membacakannya di depan kelas. (mengkomunikasikan)
9
Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang kegiatan
ibu memasak telur.
10 Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang aktivitas apa saja
yang biasa dilakukan siswa, siswa lalu membahas apa saja yang dilakukan siswa
sebelum melakukan aktivitas tersebut.
11 Siswa lalu menuliskan kegiatannya tersebut ke dalam sebuah cerita dan
membacakannya di depan kelas. (mengkomunikasikan)
12 Siswa membaca sebuah teks
bacaan tentang sebuah kegiatan keluarga yang mencerminkan sikap bersyukur
yang merupakan sikap yang sesuai dnegan sila pertama Pancasila.
13 Siswa lalu mencoba mengidentifikasi beberapa gambar kegiatan yang
mencerminkan sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila tersebut.
14 Siswa lalu menuliskan beberapa contoh sikap yang sesuai dengan sila
pertama Pancasil ke dalam sebuah kolom yang terdapat pada buku siswa.
15 Siswa mengamati gambar beberapa buah telur dengan berat yang berbeda.
Berdasarkan keterangan gambar tersebut siswa lalu mencoba menghitung
perkiraan berat setiap kantong yang berisi jenis-jenis telur tersebut.
16 Setelah mengisi berat masing-masing kantong, siswa lalu mengurutkan
berat-berat kantong tersebut mulai dari kantong yang paling berat sampai
ringan.
17 Siswa mengamati sebuah cerita yang terdapat pada buku siswa tentang
perbedaan berat beberapa buah telur. Siswa juga mengamati contoh cara menjumlahkan total berat telur ke dalam
satuan berat gram.
18 Siswa mengamati data beberapa jumlah hewan yang terdapat pada sebuah
piktograf. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba menguraikan data pada
piktograf tersebut.
19 Siswa secara berkelompok mencoba untuk membuat sebuah data
piktografnya sendiri, sebelumnya siswa mengumpulkan data terlebih dahulu
dengan cara menanyakan apakah hewan peliharaan yang paling disukai
teman-temannya.
20 Berdasarkan data yang telah didapat, siswa kemudian memindahkan data
tersebut ke dalam sebuah piktograf yang terdapat pada buku siswa berdasarkan
jenis hewan dan banyaknya penyuka hewa.
21
Pada akhir
kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada halaman 13
|
185 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Siswa membuat
kesimpulan kegiatan hari ini.
2. Siswa menuliskan
refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
|
15 menit
|
H. penilaian
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan
pengalaman tentang kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pemilihan
kata
|
Pemilihan kata
mudah dipahami
secara keseluruhan
|
setengah atau lebih
pemilihan kata
mudah dipahami
|
kurang dari
setengah pemilihan
kata mudah
dipahami
|
pemilihan kata
belum mudah
dipahami
|
Intonasi
|
Intonasi tepat secara
keseluruhan
|
Mampu menjelaskan
sebagian besar isi
laporan
|
Mampu menjelaskan
sebagian kecil isi
laporan
|
Belum mampu
menjelaskan isi
laporan
|
Mimik
|
Mimik yang
digunakan tepat
secara keseluruhan
|
hanya sebagian
besar mimik yang
digunakan tepat
secara
|
hanya sebagian kecil
mimik yang tepat
|
Belum
menggunakan
mimik yang tepat
|
Lembar Penilaian Sikap
Minggu
ke- 1 Bulan Maret 2017 Subtema Hewan di sekitarku
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perkembangan Prilaku
|
|||||||||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Tekun
|
ketelitian
|
||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K=
Kurang
Bandung, 30 Maret
2017
Kepala MI MiftahulFalah Guru
Kelas II
Siti Hoeriyah SE.I.MM.Pd Yulia Saripah S.Pd.I
NUPTK.
1659745647300042
Tidak ada komentar:
Posting Komentar