Kamis, 25 Mei 2017

RPP KELAS II MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  MI MIFTAHULFALAH                                                                   
Kelas/Semester           :  II/ II (DUA)
Tema/Sub tema          : Merawat Hewan dan Tumbuhan/ Hewan di Sekitarku
Pertemuan Ke             : 2
Waktu                          : 1 x pertemuan (6 x35 menit)

A. Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.1 mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Indikator
1.1.1   membuat pertanyaan tentang jenis-jenis telur dengan sikap rasa ingin tahu.
1.1.2   menulis peta pikiran tentang bebek dengan cermat.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.10 menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk table sederhana.
 4.9 membaca dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
Indikator
 3.10.1 menjumlahkan banyaknya telur dengan teliti.
4.9.1   menjabarkan jumlah hewan berdasarkan piktograf dengan teliti.
PPKn
Kompetensi Dasar
 2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral
Indikator
1.1.1   mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai dengan sila Pertama Pancasila dengan teliti.

C. Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan mengamati, siswa mampu membuat pertanyaan tentang jenis-jenis telur dengan sikap rasa ingin tahu.
2.      Dengan menulis, siswa mampu menulis peta pikiran tentang bebek dengan cermat.
3.      Dengan bercerita, siswa mampu menjelaskan aktifitas fisik yang biasa dikalukan dengan teliti.
4.      Dengan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai dengan sila Pertama Pancasila dengan teliti.
5.      Dengan berhitung, siswa mampu menjumlahkan banyaknya telur dengan teliti.
6.      Dengan mengamati, siswa mampu menjabarkan jumlah hewan berdasarkan piktograf dengan teliti.

D. Materi Pembelajaran :
          Jenis-jenis telur
           Hewan bebek
          Sikap yang sesuai dengan sila pertama pancasila
          Piktograf

E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode: Ceramah,Diskusi, Penugasan, Eksplorasi dan demonstrasi

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media:  Piktograf, gambar-gambar yang menunjukkan sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, kolom peta pikiran
2.      Alat/Bahan:  Alat tulis siswa
3.      Sumber Belajar;  Buku guru dan siswa, lingkungan sekolah, teman sekelas, lingkungan sekitar.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Siswa memulai kegiatan dengan berdoa.
2.      Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa pada pagi hari.
3.      Siswa diminta untuk menyebutkan hewan apa saja yang bertelur  sebagai sebuah stimulus untuk kegiatan inti.
10 menit
Kegiatan Inti
1.     Siswa mengamati gambar-gambar jenis telur yang terdapat pada buku siswa (mengamati)
2.     Siswa dibimbing mengamati gambar secara rinci untuk mengidentifikasi bagaimana bentuk dan warna telur-telur tersebut. Pada langkah kegiatan ini guru menumbuhkan sikap kemandirian siswa dalam mengamati gambar secara rinci dengan memberikan arahan yang jelas. (mengamati)
3        Siswa dibimbing untuk mengamati gambar dengan cermat. Siswa diminta untuk mencoba menebak telur dari hewan apa sajakah telur tersebut berasal. Pada tahap ini guru membimbing siswa untuk bersikap terbuka dan menghargai pendapat temannya yang mungkin saja berbeda pendapat.
4       Siswa distimulus untuk mengemukakan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar tersebut (menanya)
5       Siswa kemudian membuat beberapa pertanyaan secara tertulis pada buku tulisnya berdasarkan gambar tersebut misalnya tentang ukuran, warna, dan urutan besar telur.
Siswa kemudian saling bertukar pertanyaan dengan teman sebangkunya dan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyana tersebut pada buku temannya. (mencoba)
6       Siswa mengamati gambar seekor bebek, dengan bimbingan guru siswa lalu membahas tentang hewan bebek.
7       Siswa lalu menuliskan keterangan tentang bebek yang siswa ketahui pada sebuah kolom dalam peta pikiran yang terdapat pada buku siswa. (menalar)
8       Berdasarkan peta pikiran tentang bebek tersebut, siswa lalu menuliskan laporan sederhana dan membacakannya di depan kelas. (mengkomunikasikan)
9       Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang kegiatan ibu memasak telur.
10   Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang aktivitas apa saja yang biasa dilakukan siswa, siswa lalu membahas apa saja yang dilakukan siswa sebelum melakukan aktivitas tersebut.
11   Siswa lalu menuliskan kegiatannya tersebut ke dalam sebuah cerita dan membacakannya di depan kelas. (mengkomunikasikan)
12    Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang sebuah kegiatan keluarga yang mencerminkan sikap bersyukur yang merupakan sikap yang sesuai dnegan sila pertama Pancasila.
13   Siswa lalu mencoba mengidentifikasi beberapa gambar kegiatan yang mencerminkan sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila tersebut.
14   Siswa lalu menuliskan beberapa contoh sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasil ke dalam sebuah kolom yang terdapat pada buku siswa.
15   Siswa mengamati gambar beberapa buah telur dengan berat yang berbeda. Berdasarkan keterangan gambar tersebut siswa lalu mencoba menghitung perkiraan berat setiap kantong yang berisi jenis-jenis telur tersebut.
16   Setelah mengisi berat masing-masing kantong, siswa lalu mengurutkan berat-berat kantong tersebut mulai dari kantong yang paling berat sampai ringan.
17   Siswa mengamati sebuah cerita yang terdapat pada buku siswa tentang perbedaan berat beberapa buah telur. Siswa juga mengamati contoh  cara menjumlahkan total berat telur ke dalam satuan berat gram.
18   Siswa mengamati data beberapa jumlah hewan yang terdapat pada sebuah piktograf. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba menguraikan data pada piktograf tersebut.
19   Siswa secara berkelompok mencoba untuk membuat sebuah data piktografnya sendiri, sebelumnya siswa mengumpulkan data terlebih dahulu dengan cara menanyakan apakah hewan peliharaan yang paling disukai teman-temannya.
20   Berdasarkan data yang telah didapat, siswa kemudian memindahkan data tersebut ke dalam sebuah piktograf yang terdapat pada buku siswa berdasarkan jenis hewan dan banyaknya penyuka hewa.
21   Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan pada halaman 13
185 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa membuat kesimpulan kegiatan hari ini.
2.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
15 menit

H. penilaian

Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan pengalaman tentang kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Pemilihan
kata
Pemilihan kata
mudah dipahami
secara keseluruhan
setengah atau lebih
pemilihan kata
mudah dipahami
kurang dari
setengah pemilihan
kata mudah
dipahami
pemilihan kata
belum mudah
dipahami
Intonasi
Intonasi tepat secara
keseluruhan
Mampu menjelaskan
sebagian besar isi
laporan
Mampu menjelaskan
sebagian kecil isi
laporan
Belum mampu
menjelaskan isi
laporan
Mimik
Mimik yang
digunakan tepat
secara keseluruhan
hanya sebagian
besar mimik yang
digunakan tepat
secara
hanya sebagian kecil
mimik yang tepat
Belum
menggunakan
mimik yang tepat

Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke- 1         Bulan  Maret 2017                                                                       Subtema Hewan di sekitarku                 
No
Nama Peserta Didik
Perkembangan Prilaku
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Tekun
ketelitian
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1

















2

















3

















dst

















Catatan:
SB = sangat Baik; B= Baik; C= Cukup; K= Kurang

Bandung, 30 Maret  2017
Kepala MI MiftahulFalah                                                                    Guru Kelas II


            Siti Hoeriyah SE.I.MM.Pd                                                           Yulia Saripah S.Pd.I
            NUPTK. 1659745647300042  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar