BAB
I
MAD THOBI’I
STANDAR
KOMPETENSI
Ø Memahami dan mengaplikasikan Hukum Bacaan Mad Thobi’i
KOMPETENSI
DASAR
Ø Siswa dapat mengetahui
pengertian Mad dan Mad Thobi’i
Ø Siswa dapat mengetahui huruf Mad Thobi’i
Ø Siswa dapat memahami tanda
bacaan Mad Thobi’i
Ø Siswa dapat mengaplikasikan bacaan Mad Thobi’i
A.
Pengertian Mad Thobi’i
Mad menurut bahasa adalah memanjangkan atau sesuatu bacaan yang
memanjang. Sedangkan menurut istilah ulama tajwid adalah memanjangkan suara
bacaan huruf Al-Qur’an disebabkan adanya huruf
"Mad" sesuai aturan-aturan yang berlaku.
Mad Thobi’i adalah bacaan panjang (mad) yang terjadi karena
hadirnya huruf-huruf mad, ( ا ~ alif, sebelumnya ada
fathah, يْ ~ ya' sukun, sebelumnya ada kasrah dan وْ ~ wau sukun, sebelumnya
ada dhommah), tanpa adanya sebab lain. Diberi nama Mad Thobi’i karena madnya berlaku sesuai tabi’at aslinya,
sehingga disebut juga dengan “Mad Asli”. Bacaan panjangnya adalah 2
harakat/ketukan.
B.
Huruf Mad Thobi’i
Ada tiga hurup Mad Thobi’i, diantaranya :
1. ا ~ Alif, sebelumnya ada fathah (----).
2. يْ ~ Ya' sukun, sebelumnya
ada kasrah ( ----- ).
3. وْ ~ Wau sukun, sebelumnya
ada dhommah ( _ُ__ ).
Contoh :
1.
( ا ) Alif, sebelumnya ada
fathah (----) :
بَا dibaca Baa dengan panjang bacaannya dua harakat
جَا dibaca Jaa dengan panjang bacaannya dua harakat
رَا dibaca Raa dengan
panjang bacaannya dua harakat
2. ( يْ) Ya' sukun,
sebelumnya ada kasrah(------) :
.سِيْ dibaca Sii dengan
panjangbacaannya dua harakat
عِيْ dibaca 'ii dengan
panjang bacaannya dua harakat
قِيْ dibaca Qii dengan
panjang bacaannya dua harakat
3. ( وْ) Wau sukun, sebelumnya ada dhommah( _ ُ_ ) :
كُوْ dibaca Kuu dengan
panjang bacaannya dua harakat
هُوْ dibaca Huu dengan
panjang bacaannya dua harakat
يُوْ dibaca Yuu dengan
panjang bacaannya dua harakat
Pertemuan ke 1
Kegiatan dilakukan
menggunakan metode demontrasi.
Materi Pokok : Mad Thobi’i
Latihan 1
1.
Siswa
diharapkan membaca materi tentang :
a.
Pengertian
Mad dan Mad Thobi’i
b.
Huruf
Mad Thobi’i
c.
Contoh-contoh
dan cara membaca Mad Thobi’i
2.
Siswa
diharapkan dapat memahami materi tentang :
a.
Pengertian
Mad dan Mad Thobi’i
b.
Huruf
Mad Thobi’i
c.
Contoh-controh
dan cara membaca Mad Thobi’i
3.
Guru
memberikan tugas kepada siswa diantranya :
a.
Siswa
dapat memberikan pemahaman tentang pengertian Mad dan Mad Thobi’i menurut
pendapat siswa yang diketahuinya
b.
Siswa
dapat memberikan contoh cara membaca Mad Thobi’i yang diketahuinya
Nilai : ________
Paraf Guru
·
keaktivan
: 5
·
keberanian
berpendapat : 5
·
Pemahaman
: 10
(
________________ )
Jumlah nilai 20: 2= 10
Pertemuan ke 2
Kegiatan
dilakukan mandiri
Materi Pokok : Mad Thobi’i
Latihan 2
1.
Jelaskan
pengertian Mad menurut bahasa ? __________________________
____________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Jelaskan pengertian Mad Menurut istilah ulama
tajwid ?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Apa
yang disebut dengan Mad Thobi’i ?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Berikan
4 contoh huruf Mad thobi’i ?
1.
____________
2. ___________ 3. ____________ 4. __________
Nilai : __________ Paraf Guru
(_______________)
Pertemuan ke 3
Kegiatan
dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen
Materi Pokok : Mad Thobi’i
Latihan 3
1.
Berikan
6 contoh bacaan Mad Thobi’i ( ا ) alif sebelumnya ada
fathah (---) yang ada pada buku Juz’ama atau Al Qur’an!
1.
___________ 4. __________
2.
___________ 5. __________
3.
___________ 6. __________
2.
Berikan
6 contoh bacaan Mad thobi’i ( يْ ) ya sukun sebelumnya ada kasrah (----) yang ada pada buku juz’ama
atau Al Qur’an!
1.
___________ 4. __________
2.
___________ 5. __________
3.
___________ 6. __________
3.
Berikan
6 contoh bacaan Mad Thobi’i ( وْ ) wau sukun
sebelumnya ada dhommah (-----) yang ada pada buku juz’ama atau Al Qur’an!
1.
___________ 4. __________
2.
___________ 5. __________
3.
___________ 6. __________
Nilai : _________ Paraf Guru
Nilai menyelesaikan tugas : 4
(_________________)
Pertemuan ke 4
Kegiatan Evaluasi kemampuan siswa
BAB I : Mad Thobi’i
ULANGAN HARIAN !
Nilai : _________ Paraf Guru
(_________________)
BAB
II
ALIF LAM SYAMSIYAH DAN ALIF LAM QOMARIYAH
STANDAR KOMPETENSI
Ø Mengenal dan mengaplikasikan Hukum Bacaan Alif lam Syamsiyah dan
Alif lam Qomariyah
KOMPETENSI
DASAR
Ø Siswa dapat mengetahui
pengertian alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah
Ø Siswa dapat mengetahui huruf alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah
Ø Siswa dapat memahami tanda
bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah
Ø Siswa dapat mengaplikasikan bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam
qomariyah
A.
Alif Lam Syamsiyah
1.
Pengertian
Alif lam syamsiyah
Alif lam syamsiyah adalah alif lam (ال) yang dirangkai dengan salah satu huruf syamsiyah,Asyamsiyah
disebut juga Idgham Syamsiyah. Adapun huruf Syamsiyah jumlahnya ada 14 huruf
alif lam Syamsiyahyah diantaranya:
ت ث د ذ ر ز س
ش ص ض ط ظ ل ن
Cara Membacanya alif lam syamsiyah suara lam tidak dibaca dan tidak
diberi harakat, tetapi dileburkan (di-idgham-kan) ke dalam huruf syamsiyah yang
ada di belakangnya. Contoh-contoh bacaan alif lam (ال) syamsiyah:
a.
ال bertemu dengan huruf ت :
التَّكَاثُرُ dibaca:
at-takaasur
b.
ال bertemu dengan huruf ث : الثَّاقِبُ dibaca:
ats-tsaaqib
c.
ال bertemu dengan huruf د : الدِّيْنُ dibaca: ad-diin
d.
ال bertemu dengan huruf ذ : الذِّكْرُ dibaca: az-zikru
e.
ال bertemu dengan huruf ر :
الرَّحْمَنُ dibaca: ar-rahmaan
f.
ال bertemu dengan huruf ز :
الزَّيْتُوْن dibaca: az-zaituun
g.
ال bertemu dengan huruf س :
السَّمِيْعُ dibaca: as-samiu`
h.
ال bertemu dengan huruf ش : الشَّمْسُ dibaca: asy-syamsu
i.
ال bertemu dengan huruf ص :
الصَّالِحَاتُ dibaca: ash-shaalihaatu
j.
ال bertemu dengan huruf ض :
الضَّالِّيْنُ dibaca: adh-dhaaliin
k.
ال bertemu dengan huruf ط : الطَّاعَةُ dibaca: ath-thaa`ah
l.
ال bertemu dengan huruf ظ :
الظَّالِمِيْنَ dibaca: azh-zhaalimiin
m.
ال bertemu dengan huruf ل : الَّلْيلُ dibaca:
al-lail
n.
ال bertemu dengan huruf ن : النَّاسُ dibaca: an-naas
B.
Alif
Lam Qomariyah
1.
Pengertian
Alif Lam Qomariah
Alif lam Qomariyah adalah alif lam (ال ) yang dirangkaikan dengan salah satu huruf Qamariyah maka Alif Lam harus dibaca jelas dan terang. Al qamariyah disebut juga
Izhar Qomariyah. Adapun huruf Qamariyah jumlahnya ada 14 huruf alif lam Qomariyah diantaranya:
ا ب ج ح خ ع غ
ف ك ق م و هـ ي
Cara Membaca alif lam Qomariyah, suara lam dibaca dan huruf lam
diberi harakat sukun sehingga suara lam jelas (izhar). Huruf qamariyah yang
terdapat sesudah huruf alif lam tidak diberi tanda tasydid. Contoh-contoh
bacaan alif lam qamariyah:
a.
ال bertemu dengan huruf ا : اْلأَحَدُ dibaca:
al-ahadu
b.
ال bertemu dengan huruf ب :
اْلبَصِيْرُ dibaca: al –bashiru
c.
ال bertemu dengan huruf ج : اِلجَمَالُ dibaca: al-jamalu
d.
ال bertemu dengan huruf ح : الْحَمْدُ dibaca: al –hamdu
e.
ال bertemu dengan huruf خ : الْخَيْرُ dibaca: al-khairu
f.
ال bertemu dengan huruf ع : الْعَصْرُ dibaca: al-`ashru
g.
ال bertemu dengan huruf غ :
الْغَفُوْرُ dibaca: al-ghafuru
h.
ال bertemu dengan huruf ف : الْفِيْلُ dibaca: al-fiilu
i.
ال bertemu dengan huruf ق :
الْقَارِعَةُ dibaca: al-qari`ah
j.
ال bertemu dengan huruf ك :
اْلكَوْثَرُ dibaca: al-kautsar
k.
ال bertemu dengan huruf م :
الْمُؤْمِنُ dibaca: al-mukminu
l.
ال bertemu dengan huruf و : اْلوَهَّابُ dibaca: al- wahab
m.
ال bertemu dengan huruf هـ :
الْهُمَزَةُ dibaca: al- hamzah
n.
ال bertemu dengan huruf ي : الْيَوْمُ dibaca: al-yaumu
Latihan 1
Kegiatan
dilakukan menggunakan metode demontrasi.
Materi Pokok : Alif lam Syamsiyah
1.
Siswa
diharapkan membaca materi tentang :
a.
Pengertian
alif lam syamsyiyah
b.
Huruf
alif lam syamsyiyah
c.
Contoh-contoh
bacaan alif lam syamsiyah
2.
Siswa
diharapkan dapat memahami materi tentang :
a.
Pengertian
alif lam syamsiyah
b.
Huruf
alif lam syamsiyah
c.
Contoh-controh
bacaan alif lam syamsiyah
3.
Guru
memberikan tugas kepada siswa diantranya :
a.
Siswa
dapat memberikan pemahaman tentang pengertian alif lam syamsiyah menurut
pendapat siswa yang diketahuinya
b.
Siswa
dapat memberikan contoh bacaan alif lamsyamsiyah yang diketahuinya
Nilai : ________
Paraf Guru
·
Keaktifan
: 5
·
Keberanian
berpendapat :5
·
Pemahaman
: 10 (
________________ )
Jumlah
nilai: 20:2=10
Latihan 2
Kegiatan
dilakukan mandiri
Materi Pokok : Alif lam syamsiyah
1.
Apa
yang dimaksud dengan alif lam syamsiyah ?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Assyamsiyah disebut juga ?
______________________________________________________________
3.
Bagaimana
cara membaca bacaan alif lam syamsiyah?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Ada
berapakah huruf Syamsiyah dan sebutkan satu persatu?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.
Berikan14
contoh bacaan alif lam syamsiyah ?
a.
___________________ h. _____________________
b.
___________________ i.
_____________________
c.
___________________ j.
_____________________
d.
___________________ k.
_____________________
e.
___________________ l.
_____________________
f.
___________________ m. _____________________
g.
___________________ n.
_____________________
Nilai : __________ Paraf Guru
(_______________)
Latihan 3
Kegiatan
dilakukan dengan menggunakan metode eksperiman
Materi Pokok : Alif lam syamsiyah
1.
Berikan
contoh bacaan alif lam syamsiyan yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang
ada pada buku Juz’ama dan Al quran!
a.
ال bertemu dengan huruf ت : ______________
b.
ال bertemu dengan huruf ث :
______________
c.
ال bertemu dengan huruf د : __________________
d.
ال bertemu dengan huruf ذُ : ______________
2.
Berikan
contoh bacaan alif lam syamsiyan yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang
ada pada buku Juz’ama dan Al quran!
a.
ال bertemu dengan huruf ر : _________________
b.
ال bertemu dengan huruf ز : _________________
c.
ال bertemu dengan huruf س : _________________
d.
ال bertemu dengan huruf ش : _________________
3.
Berikan
contoh bacaan alif lam syamsiyan yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang
ada pada buku Juz’ama dan Al quran!
a.
ال bertemu dengan huruf ص : ________________
b.
ال bertemu dengan huruf ض : ________________
c.
ال bertemu dengan huruf ط : ________________
d.
ال bertemu dengan huruf ظ : ________________
4.
Berikan
contoh bacaan alif lam syamsiyan yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang
ada pada buku Juz’ama dan Al quran!
a.
ال bertemu dengan huruf ل : _________________
b.
ال bertemu dengan huruf ن : ________________
5.
Bagaimana
pendapat kamu setelah memahami bacaan alif lam syamsiyah?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Nilai : _________ Paraf Guru
Nilai menyelesaikan tugas :2
(_________________)
Latihan 4
Kegiatan
dilakukan menggunakan metode demontrasi.
Materi Pokok : Alif lam qomariyah
1.
Siswa
diharapkan membaca materi tentang :
a.
Pengertian
alif lam Qomariyah
b.
Huruf
alif lam Qomariyah
c.
Contoh-contoh
alif lam Qomariyah
2.
Siswa
diharapkan dapat memahami materi tentang :
a.
Pengertian
alif lam Qomariyah
b.
Huruf
alif lam Qomariyah
c.
Contoh-controh
alif lam Qomariyah
3.
Guru
memberikan tugas kepada siswa diantranya :
a.
Siswa
dapat memberikan pemahaman tentang pengertian alif lam Qomariyah menurut pendapat siswa yang diketahuinya
b.
Siswa
dapat memberikan contoh bacaan alif lam qomariyah yang diketahuinya
Nilai : ________
Paraf Guru
·
Keaktifan
: 5
·
Keberanian
berpendapat :5
·
Pemahaman
: 10 ( ________________ )
Jumlah nilai: 20:10=10
Latihan 5
Kegiatan
dilakukan mandiri
Materi Pokok : Alif lam Qomariyah
1.
Apa
yang dimaksud dengan alif lam Qomariyah ?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Al Qomariyah disebut juga ?
______________________________________________________________
3.
Bagaimana
cara membaca bacaan alif lam Qomariyah?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Ada
berapakah huruf Qomariyah dan sebutkan satu persatu ?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.
Berikan14
contoh bacaan alif lam Qomariyah ?
a.
___________________ h. _____________________
b.
___________________ i.
_____________________
c.
___________________ j.
_____________________
d.
___________________ k.
_____________________
e.
___________________ l.
_____________________
f.
___________________ m. _____________________
g.
___________________ n.
____________________
Nilai : __________ Paraf Guru
(_______________)
Latihan 6
Kegiatan
dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen
Materi Pokok : Alif lam Qomariyah
1.
Berikan
contoh bacaan alif lam qomariyah yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang
ada pada buku Juz’ama atau Al quran!
a.
ال bertemu dengan huruf اُ : ______________
b.
ال bertemu dengan huruf ب : ______________
c.
ال bertemu dengan huruf ج : ______________
d.
ال bertemu dengan huruf ح : ______________
2.
Berikan
contoh bacaan alif lam Qomariyah yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang
ada pada buku Juz’ama atau Al quran!
a.
ال bertemu dengan huruf خ : ______________
b.
ال bertemu dengan huruf ع : ______________
c.
ال bertemu dengan huruf غ : ______________
d.
ال bertemu dengan huruf ف : ______________
3.
Berikan
contoh bacaan alif lam Qomariyah yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang
ada pada buku Juz’ama atau Al quran!
a.
ال bertemu dengan huruf ق : ______________
b.
ال bertemu dengan huruf ك : ______________
c.
ال bertemu dengan huruf م : ______________
d.
ال bertemu dengan huruf و : ______________
4.
Berikan
contoh bacaan alif lam Qomariyah yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang
ada pada buku Juz’ama atau Al quran!
a.
ال bertemu dengan huruf هـ : ______________
b.
ال bertemu dengan huruf ي : ______________
5.
Bagaimana
pendapat kamu setelah memahami bacaan alif lam Qomariya?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Nilai : _________ Paraf Guru
Nilai menyelesaikan tugas :2
(_________________)
Evaluasi kemampuan Siswa
BAB II : Alif lam Syamsiyah dan Alif lam Qomariyah
ULANGAN HARIAN !
Nilai : _________ Paraf Guru
jumlah Nilai : 10
(_________________)
Evaluasi
kemampuan Siswa
BAB I : Mad Thobi’i
BAB II : Alif
lam Syamsiyah dan Alif lam Qomariyah
Tugas : kerja kelompok dibagi dua kelompok
Hasil pembelajaran kelompok : Apa yang kamu pahami tentang BAB I atau BAB II
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Nilai : _________ Paraf Guru
Nilai keaktifan : 10
Jumlah Nilai : 10+10=20:2+10 (_________________)
BAB
III
QOLQOLAH
STANDAR
KOMPETENSI
Ø Mengenal dan Mengaplikasikan Hukum Bacaan Qolqolah dan Macam-macam
bacaan Qolqolah
KOMPETENSI
DASAR
Ø Siswa dapat mengetahui
pengertian dan macam-macam Qolqolah
Ø Siswa dapat mengetahui huruf Qolqolah
Ø Siswa dapat memahami tanda
bacaan Qolqolah
Ø Siswa dapat mengaplikasikan bacaan Qolqolah
A.
Pengertian Qolqolah
1.
Qolqolah
Qalqalah secara bahasa artinya getaran, mantul atau membal.
Qalqalah secara istilah ialah
memantul/getaran suara ketika membaca
kalimat (lafal) yang terdapat huruf berharakat sukun asli (asli mati)
atau sukun karena waqaf atau diwaqafkan. Huruf qalqalah ada lima yaitu
ق , ط , ب , ج
, د atau dibaca قَطْبُ جَدٍ “Quthbujadin”
B.
Pembagian Hukum bacaan Qalqalah
Qolqolah terbagi dua diantaranya adalah Qolqolah Kubra (besar) dan
Qolqolah Sugra (kecil).
a.
Qalqalah
kubra
Qolqolah kubro (besar) yaitu apabila
salah satu dari pada huruf qalqalah itu dimatikan karena waqaf atau berhenti.
inilah Qalqalah yang paling utama, cara membacanya dikeraskan qalqalahnya. Cara
membacanya menekan kuat mahraj huruf dari huruf qalqolah yang bersukun tersebut
sehingga lafadnya memantul dengan lebih berkumandang dan lebih jelas.
Contoh:
1)
ب : وَّتَبَّ dibaca watab
2)
ج : ذات البروج dibaca dzatil buruj
3)
د : أَحَدٌ dibaca ahad
4)
ط : محيط dibaca muhiith
5)
ق : وَالطَّارِق dibaca wat-thoriq
b.
Qolqolqh
Sugro
Qalqalah Sugra (kecil) yaitu apabila salah satu daripada huruf
qalqalah itu berbaris mati dan baris matinya adalah asli karena harakat sukun
dan bukan karena waqaf. atau apabila salah satu huruf qolqolah benar-benar
bersukun asli atau bersukun di tengah. Cara membacanya menekan kuat mahraj
huruf dari huruf qalqolah yang bersukun tersebut sehingga lafadnya memantul
dengan kuat dan jelas. contoh :
1)
ب : ضَبْحًا dibaca shubhaa
2)
ج : أَلَمْ يَجْعَلْ dibaca alam yaj’al
3)
د : ﻴَﺪْﻋُﻮﻥَ dibaca yad’uuna
4)
ط : ﻴَﻄْﻤَﻌُﻮﻥَ dibaca yathma’una
5)
ق : يم تـقو dibaca taqwiim
C.
Cara
membaca bacaan Qolqolah
a.
Cara
membaca bacaan qolqolah kubro :
ö@è% èqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ `ÏB Îh° $tB t,n=y{ ÇËÈ `ÏBur Îh° @,Å%yñ #sÎ) |=s%ur ÇÌÈ `ÏBur Ìhx© ÏM»sV»¤ÿ¨Z9$# Îû Ïs)ãèø9$# ÇÍÈ `ÏBur Ìhx© >Å%tn #sÎ) y|¡ym ÇÎÈ
b.
Cara
membaca bacaan Qolqolqah sugro :
ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OÈqø)s? ÇÍÈ
üÏ%©!$# OßgyJyèôÛr& `ÏiB 8íqã_ NßgoYtB#uäur ô`ÏiB ¤$öqyz ÇÍÈ
cÎ) t¥ÏR$x© uqèd çtIö/F{$# ÇÌÈ
¢OèO çm»tR÷yu @xÿór& tû,Î#Ïÿ»y ÇÎÈ
wÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# óOßgn=sù íô_r& çöxî 5bqãYøÿxE ÇÏÈ
Latihan 1
Kegiatan
dilakukan menggunakan metode demontrasi.
Materi Pokok : Qolqolah
1.
Siswa
diharapkan membaca materi tentang :
a.
Pengertian
Qolqolah
b.
Huruf
Qolqolah
c.
Contoh-contoh
dan cara membaca Qolqolah
2.
Siswa
diharapkan dapat memahami materi tentang :
a.
Pengertian
dan macam-macam Qolqolah
b.
Huruf
Qolqolah
c.
Contoh-controh
dan cara membaca Qolqolah
3.
Guru
memberikan tugas kepada siswa diantranya :
a.
Siswa
dapat memberikan pemahaman tentang pengertian Qolqolah menurut pendapat siswa
yang diketahuinya
b.
Siswa
dapat memberikan contoh cara membaca Qolqolah yang diketahuinya
Nilai : ________
Paraf Guru
·
keaktifan
: 5
·
keberanian
berpendapat : 5
·
Pemahaman
: 10
(
________________ )
Jumlah nilai 20: 2= 10
Latihan 2
Kegiatan
dilakukan mandiri
Materi Pokok : Qolqolah
1.
Jelaskan
pengertian Qolqolah menurut bahasa ?
____________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Jelaskan pengertian Qolqolah Menurut
isttilah ?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Ada
berapa jumlah huruf qolqolah dan sebutkan satu persatu ?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Ada
berapa macam pembabagian hukum bacaan Qolqolah ?
____________________________________________________________________________________________________________________________
Nilai : __________ Paraf Guru
(_______________)
Latihan 3
Kegiatan
dilakukan mandiri dan tanya jawab
Materi Pokok : Qolqolah
1.
Coba
jelaskan menurut kamu apa yang disebut dengan Qolqolah Kubro?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Coba
jelaskan menurut kamu bagaimana cara pembacaan qolqolah Kubro?
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Coba
tuliskan huruf-huruf qolqolah yang kamu katahui?
____________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Coba
tuliskan 5 contoh bacaan qolqolah kubro yang ada pada surat Al-Falaq yang kamu
ketahui?
ö@è% èqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ `ÏB Îh° $tB t,n=y{ ÇËÈ `ÏBur Îh° @,Å%yñ #sÎ) |=s%ur ÇÌÈ `ÏBur Ìhx© ÏM»sV»¤ÿ¨Z9$# Îû Ïs)ãèø9$# ÇÍÈ `ÏBur Ìhx© >Å%tn #sÎ) y|¡ym ÇÎÈ
a.
__________________
b.
__________________
c.
__________________
d.
__________________
e.
__________________
Nilai :
_________ Paraf Guru
Nilai
menyelesaikan tugas : 2
(_________________)
Latihan 4
Kegiatan
dilakukan mandiri dan tanya jawab
Materi Pokok :
Qolqolah
1.
Coba
jelaskan menurut kamu apa yang disebut dengan Qolqolah sugro?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Coba
jelaskan menurut kamu bagaimana cara pembacaan qolqolah sugro?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Coba
tuliskan huruf-huruf qolqolah yang kamu katahui?
____________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Coba
tuliskan 5 contoh bacaan qolqolah sugro yang ada pada ayat Alqur’an dibawah ini
yang kamu ketahui?
ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OÈqø)s? ÇÍÈ
üÏ%©!$# OßgyJyèôÛr& `ÏiB 8íqã_ NßgoYtB#uäur ô`ÏiB ¤$öqyz ÇÍÈ
cÎ) t¥ÏR$x© uqèd çtIö/F{$# ÇÌÈ
¢OèO çm»tR÷yu @xÿór& tû,Î#Ïÿ»y ÇÎÈ
wÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# óOßgn=sù íô_r& çöxî 5bqãYøÿxE ÇÏÈ
a.
__________________ d . __________________
b.
__________________ e. __________________
c.
__________________
Nilai : _________ Paraf GuruNilai
menyelesaikan tugas : 2
(_________________)
Latihan 5
Kegiatan
dilakukan berkelompok
Materi Pokok : Qolqolah
Buatlah kelompok sebanyak dua kelompok bersama temanmu dan
diskusikan tentang
a.
Hukum
bacaan Qolqolah !
b.
Hasil
kerja kelompok bersama temanmu ditulis di bawah ini !
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Nilai : _________ Paraf Guru
Nilai keaktifan : 10
Jumlah Nilai : 10+10=20:2=10 (_________________)