Rabu, 22 Oktober 2014

Ilmu tajwid : Mad Thobi'i, Alif lam Syamsiyah dan Qomariyah



BAB I
MAD THOBI’I
STANDAR KOMPETENSI
Ø  Memahami dan mengaplikasikan Hukum Bacaan Mad Thobi’i
KOMPETENSI DASAR
Ø  Siswa dapat  mengetahui pengertian Mad  dan Mad Thobi’i
Ø  Siswa dapat mengetahui huruf Mad Thobi’i
Ø  Siswa  dapat memahami tanda bacaan Mad Thobi’i
Ø  Siswa dapat mengaplikasikan bacaan Mad Thobi’i


A.    Pengertian Mad Thobi’i 
Mad menurut bahasa adalah memanjangkan atau sesuatu bacaan yang memanjang. Sedangkan menurut istilah ulama tajwid adalah memanjangkan suara bacaan huruf Al-Qur’an disebabkan adanya huruf  "Mad" sesuai aturan-aturan yang berlaku.
Mad Thobi’i adalah bacaan panjang (mad) yang terjadi karena hadirnya huruf-huruf  mad, ( ا ~ alif, sebelumnya ada fathah,  يْ ~ ya' sukun, sebelumnya ada kasrah dan  وْ ~ wau sukun, sebelumnya ada dhommah), tanpa adanya sebab lain. Diberi nama Mad Thobi’i  karena madnya berlaku sesuai tabi’at aslinya, sehingga disebut juga dengan “Mad Asli”. Bacaan panjangnya adalah 2 harakat/ketukan.
B.     Huruf Mad Thobi’i
Ada tiga hurup Mad Thobi’i, diantaranya :
     1. ا ~  Alif, sebelumnya ada fathah (----).
     2.  يْ ~ Ya' sukun, sebelumnya ada kasrah ( ----- ).
     3.  وْ ~ Wau sukun, sebelumnya ada dhommah ( _ُ__ ).


Contoh :
1.      ( ا ) Alif, sebelumnya ada fathah (----) :
بَا   dibaca Baa dengan  panjang bacaannya dua harakat
 جَا  dibaca Jaa dengan  panjang bacaannya dua harakat
رَا   dibaca Raa dengan panjang bacaannya dua harakat
2.   ( يْ) Ya' sukun, sebelumnya ada kasrah(------) :
.سِيْ   dibaca Sii dengan panjangbacaannya dua harakat
عِيْ    dibaca 'ii dengan panjang bacaannya dua harakat
قِيْ     dibaca Qii dengan panjang bacaannya dua harakat
3. ( وْ)  Wau sukun, sebelumnya ada dhommah( _ ُ_  ) :
كُوْ     dibaca Kuu dengan panjang bacaannya dua harakat
هُوْ     dibaca Huu dengan panjang bacaannya dua harakat
يُوْ      dibaca Yuu dengan panjang bacaannya dua harakat









Pertemuan ke 1
Kegiatan dilakukan menggunakan metode demontrasi.
Materi Pokok : Mad Thobi’i
Latihan 1
1.      Siswa diharapkan membaca materi tentang :
a.       Pengertian Mad dan Mad Thobi’i
b.      Huruf Mad Thobi’i
c.       Contoh-contoh dan cara membaca Mad Thobi’i
2.      Siswa diharapkan dapat memahami materi tentang :
a.       Pengertian Mad dan Mad Thobi’i
b.      Huruf Mad Thobi’i
c.       Contoh-controh dan cara membaca Mad Thobi’i
3.      Guru memberikan tugas kepada siswa diantranya :
a.       Siswa dapat memberikan pemahaman tentang pengertian Mad dan Mad Thobi’i menurut pendapat siswa yang diketahuinya
b.      Siswa dapat memberikan contoh cara membaca Mad Thobi’i yang diketahuinya

Nilai : ________                                                     Paraf Guru
·         keaktivan                          : 5
·         keberanian berpendapat   : 5
·         Pemahaman                      : 10                         ( ________________ )
Jumlah nilai 20: 2= 10                                                







Pertemuan ke 2
Kegiatan dilakukan mandiri
Materi Pokok : Mad Thobi’i
Latihan 2 
1.      Jelaskan pengertian Mad menurut bahasa ? __________________________
____________________________________________________________________________________________________________________________
2.       Jelaskan pengertian Mad Menurut istilah ulama tajwid  ?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.      Apa yang disebut dengan Mad Thobi’i  ?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.      Berikan 4 contoh huruf Mad thobi’i ?
1.      ____________ 2. ___________ 3. ____________ 4. __________

Nilai : __________                                                                      Paraf Guru

                                                                                                (_______________)






Pertemuan ke 3
Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen
Materi Pokok : Mad Thobi’i
Latihan 3
1.      Berikan 6 contoh bacaan Mad Thobi’i ( ا ) alif sebelumnya ada fathah (---) yang ada pada buku Juz’ama atau Al Qur’an!
1.      ___________    4. __________
2.      ___________    5. __________
3.      ___________    6. __________
2.      Berikan 6 contoh bacaan Mad thobi’i ( يْ ) ya sukun sebelumnya ada kasrah (----) yang ada pada buku juz’ama atau Al Qur’an!
1.      ___________   4. __________
2.      ___________   5. __________
3.      ___________   6. __________
3.      Berikan 6 contoh bacaan Mad Thobi’i ( وْ ) wau sukun sebelumnya ada dhommah (-----) yang ada pada buku juz’ama atau Al Qur’an!
1.      ___________   4. __________
2.      ___________   5. __________
3.      ___________   6. __________

Nilai : _________                                                            Paraf Guru
Nilai menyelesaikan tugas : 4                                     
                                                                                    (_________________)






Pertemuan ke 4
Kegiatan Evaluasi kemampuan siswa
BAB I : Mad Thobi’i
ULANGAN HARIAN !

Nilai : _________                                                            Paraf Guru

                                                                                    (_________________)















BAB II
ALIF LAM SYAMSIYAH DAN ALIF LAM QOMARIYAH
STANDAR KOMPETENSI
Ø  Mengenal dan mengaplikasikan Hukum Bacaan Alif lam Syamsiyah dan Alif lam Qomariyah  
KOMPETENSI DASAR
Ø  Siswa dapat  mengetahui pengertian alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah
Ø  Siswa dapat mengetahui huruf alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah
Ø  Siswa  dapat memahami tanda bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah
Ø  Siswa dapat mengaplikasikan bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah

A.    Alif Lam Syamsiyah  
1.         Pengertian Alif lam syamsiyah
Alif lam syamsiyah adalah alif lam (ال) yang dirangkai dengan salah satu huruf syamsiyah,Asyamsiyah disebut juga Idgham Syamsiyah. Adapun huruf Syamsiyah jumlahnya ada 14 huruf alif lam Syamsiyahyah diantaranya:
ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن
Cara Membacanya alif lam syamsiyah suara lam tidak dibaca dan tidak diberi harakat, tetapi dileburkan (di-idgham-kan) ke dalam huruf syamsiyah yang ada di belakangnya. Contoh-contoh bacaan alif lam (ال) syamsiyah:
a.       ال bertemu dengan huruf  ت : التَّكَاثُرُ  dibaca: at-takaasur
b.        ال bertemu dengan huruf  ث : الثَّاقِبُ  dibaca: ats-tsaaqib
c.       ال bertemu dengan huruf  د : الدِّيْنُ  dibaca: ad-diin
d.      ال bertemu dengan huruf  ذ : الذِّكْرُ  dibaca: az-zikru
e.       ال bertemu dengan huruf  ر : الرَّحْمَنُ  dibaca: ar-rahmaan
f.        ال bertemu dengan huruf  ز : الزَّيْتُوْن  dibaca: az-zaituun
g.       ال bertemu dengan huruf  س : السَّمِيْعُ  dibaca: as-samiu`
h.       ال bertemu dengan huruf  ش : الشَّمْسُ  dibaca: asy-syamsu
i.         ال bertemu dengan huruf  ص : الصَّالِحَاتُ  dibaca: ash-shaalihaatu
j.         ال bertemu dengan huruf  ض : الضَّالِّيْنُ  dibaca: adh-dhaaliin
k.       ال bertemu dengan huruf  ط : الطَّاعَةُ  dibaca: ath-thaa`ah
l.         ال bertemu dengan huruf  ظ : الظَّالِمِيْنَ  dibaca: azh-zhaalimiin
m.     ال bertemu dengan huruf  ل : الَّلْيلُ  dibaca: al-lail
n.        ال bertemu dengan huruf  ن : النَّاسُ  dibaca: an-naas

B.     Alif Lam Qomariyah
1.         Pengertian Alif Lam Qomariah
Alif lam Qomariyah adalah alif  lam (ال ) yang dirangkaikan dengan salah satu huruf Qamariyah maka Alif Lam harus dibaca jelas dan terang. Al qamariyah disebut juga Izhar Qomariyah. Adapun huruf Qamariyah jumlahnya ada 14 huruf alif lam Qomariyah diantaranya:
 ا ب ج ح خ ع غ ف ك ق م و هـ ي
Cara Membaca alif lam Qomariyah, suara lam dibaca dan huruf lam diberi harakat sukun sehingga suara lam jelas (izhar). Huruf qamariyah yang terdapat sesudah huruf alif lam tidak diberi tanda tasydid. Contoh-contoh bacaan alif lam qamariyah:
a.       ال bertemu dengan huruf  ا : اْلأَحَدُ  dibaca: al-ahadu
b.       ال bertemu dengan huruf  ب : اْلبَصِيْرُ  dibaca: al –bashiru
c.       ال bertemu dengan huruf  ج : اِلجَمَالُ  dibaca: al-jamalu
d.      ال bertemu dengan huruf  ح : الْحَمْدُ  dibaca: al –hamdu
e.       ال bertemu dengan huruf  خ : الْخَيْرُ  dibaca: al-khairu
f.        ال bertemu dengan huruf  ع : الْعَصْرُ  dibaca: al-`ashru
g.       ال bertemu dengan huruf  غ : الْغَفُوْرُ  dibaca: al-ghafuru
h.       ال bertemu dengan huruf  ف : الْفِيْلُ  dibaca: al-fiilu
i.         ال bertemu dengan huruf   ق : الْقَارِعَةُ  dibaca: al-qari`ah
j.         ال bertemu dengan huruf  ك : اْلكَوْثَرُ  dibaca: al-kautsar
k.       ال bertemu dengan huruf  م : الْمُؤْمِنُ  dibaca: al-mukminu
l.         ال bertemu dengan huruf   و : اْلوَهَّابُ  dibaca: al- wahab
m.     ال bertemu dengan huruf   هـ : الْهُمَزَةُ  dibaca: al- hamzah
n.       ال bertemu dengan huruf   ي : الْيَوْمُ  dibaca: al-yaumu

Latihan 1
Kegiatan dilakukan menggunakan metode demontrasi.
Materi Pokok : Alif lam Syamsiyah
1.      Siswa diharapkan membaca materi tentang :
a.       Pengertian alif lam syamsyiyah
b.      Huruf alif lam syamsyiyah
c.       Contoh-contoh bacaan alif lam syamsiyah
2.      Siswa diharapkan dapat memahami materi tentang :
a.       Pengertian alif lam syamsiyah
b.      Huruf alif lam syamsiyah
c.       Contoh-controh bacaan alif lam syamsiyah
3.      Guru memberikan tugas kepada siswa diantranya :
a.       Siswa dapat memberikan pemahaman tentang pengertian alif lam syamsiyah menurut pendapat siswa yang diketahuinya
b.      Siswa dapat memberikan contoh bacaan alif lamsyamsiyah yang diketahuinya
Nilai : ________                                                         Paraf Guru
·         Keaktifan : 5
·         Keberanian berpendapat :5
·         Pemahaman : 10                                  ( ________________ )
Jumlah nilai: 20:2=10                                                 


Latihan 2
Kegiatan dilakukan mandiri
Materi Pokok : Alif lam syamsiyah
1.      Apa yang dimaksud dengan alif lam syamsiyah ?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.       Assyamsiyah disebut juga   ?
______________________________________________________________
3.      Bagaimana cara membaca bacaan alif lam syamsiyah?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.      Ada berapakah huruf Syamsiyah dan sebutkan satu persatu?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.      Berikan14 contoh bacaan alif lam syamsiyah  ?
a.       ___________________        h. _____________________
b.      ___________________        i.  _____________________
c.       ___________________        j.  _____________________
d.      ___________________        k.  _____________________
e.       ___________________        l.  _____________________
f.       ___________________       m. _____________________
g.      ___________________        n.  _____________________
Nilai : __________                                                                      Paraf Guru
                                                                                                (_______________)




Latihan 3
Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode eksperiman
Materi Pokok : Alif lam syamsiyah
1.      Berikan contoh bacaan alif lam syamsiyan yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang ada pada buku Juz’ama dan Al quran!
a.       ال bertemu dengan huruf  ت : ______________
b.      ال bertemu dengan huruf  ث : ______________
c.       ال bertemu dengan huruf   د  : __________________
d.      ال bertemu dengan huruf   ذُ :  ______________
2.      Berikan contoh bacaan alif lam syamsiyan yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang ada pada buku Juz’ama dan Al quran!
a.       ال bertemu dengan huruf  ر   : _________________
b.      ال bertemu dengan huruf  ز   : _________________
c.       ال bertemu dengan huruf  س  : _________________
d.      ال bertemu dengan huruf  ش  : _________________
3.      Berikan contoh bacaan alif lam syamsiyan yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang ada pada buku Juz’ama dan Al quran!
a.       ال bertemu dengan huruf  ص   : ________________
b.      ال bertemu dengan huruf  ض   : ________________
c.       ال bertemu dengan huruf  ط     : ________________
d.      ال bertemu dengan huruf  ظ     : ________________
4.      Berikan contoh bacaan alif lam syamsiyan yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang ada pada buku Juz’ama dan Al quran!
a.       ال bertemu dengan huruf  ل   : _________________
b.       ال bertemu dengan huruf  ن   : ________________
5.      Bagaimana pendapat kamu setelah memahami bacaan alif lam syamsiyah?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Nilai : _________                                                            Paraf Guru
Nilai menyelesaikan tugas :2                          
                                                                                    (_________________)



Latihan 4
Kegiatan dilakukan menggunakan metode demontrasi.
Materi Pokok : Alif lam qomariyah
1.      Siswa diharapkan membaca materi tentang :
a.       Pengertian alif lam Qomariyah
b.      Huruf alif lam Qomariyah
c.       Contoh-contoh alif lam Qomariyah
2.      Siswa diharapkan dapat memahami materi tentang :
a.       Pengertian alif lam Qomariyah
b.      Huruf alif lam Qomariyah
c.       Contoh-controh alif lam Qomariyah
3.      Guru memberikan tugas kepada siswa diantranya :
a.       Siswa dapat memberikan pemahaman tentang pengertian alif lam Qomariyah  menurut pendapat siswa yang diketahuinya
b.      Siswa dapat memberikan contoh bacaan alif lam qomariyah yang diketahuinya
Nilai : ________                                                                Paraf Guru
·         Keaktifan                           : 5
·         Keberanian berpendapat :5
·         Pemahaman                        : 10                      ( ________________ )
            Jumlah nilai: 20:10=10                                                           

Latihan 5
Kegiatan dilakukan mandiri
Materi Pokok : Alif lam Qomariyah
1.      Apa yang dimaksud dengan alif lam Qomariyah ?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.       Al Qomariyah disebut juga   ?
______________________________________________________________
3.      Bagaimana cara membaca bacaan alif lam Qomariyah?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.      Ada berapakah huruf Qomariyah dan sebutkan satu persatu  ?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.      Berikan14 contoh bacaan alif lam Qomariyah  ?
a.       ___________________        h. _____________________
b.      ___________________        i.  _____________________
c.       ___________________        j.  _____________________
d.      ___________________        k.  _____________________
e.       ___________________        l.  _____________________
f.       ___________________       m. _____________________
g.      ___________________        n.  ____________________
Nilai : __________                                                                      Paraf Guru
           
                                                                                              (_______________)



Latihan 6
Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen
Materi Pokok : Alif lam Qomariyah
1.      Berikan contoh bacaan alif lam qomariyah yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang ada pada buku Juz’ama atau Al quran!
a.       ال bertemu dengan huruf    اُ    : ______________
b.      ال bertemu dengan huruf  ب    : ______________
c.       ال bertemu dengan huruf  ج     : ______________
d.      ال bertemu dengan huruf  ح     : ______________
2.      Berikan contoh bacaan alif lam Qomariyah yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang ada pada buku Juz’ama atau Al quran!
a.       ال bertemu dengan huruf  خ     : ______________
b.      ال bertemu dengan huruf  ع     : ______________
c.       ال bertemu dengan huruf  غ     : ______________
d.      ال bertemu dengan huruf  ف    : ______________
3.      Berikan contoh bacaan alif lam Qomariyah yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang ada pada buku Juz’ama atau Al quran!
a.       ال bertemu dengan huruf   ق    : ______________
b.      ال bertemu dengan huruf  ك     : ______________
c.       ال bertemu dengan huruf  م      : ______________
d.      ال bertemu dengan huruf   و     : ______________
4.      Berikan contoh bacaan alif lam Qomariyah yang ditandai dengan huruf dibawah ini, yang ada pada buku Juz’ama atau Al quran!
a.       ال bertemu dengan huruf   هـ    : ______________
b.      ال bertemu dengan huruf   ي     : ______________
5.      Bagaimana pendapat kamu setelah memahami bacaan alif lam Qomariya?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Nilai : _________                                                            Paraf Guru
Nilai menyelesaikan tugas :2                          
                                                                                    (_________________)


Evaluasi kemampuan Siswa
BAB II : Alif lam Syamsiyah dan Alif lam Qomariyah
ULANGAN HARIAN !


Nilai : _________                                                            Paraf Guru
jumlah Nilai : 10
                                                                                    (_________________)








Evaluasi kemampuan Siswa
BAB I  : Mad Thobi’i  
BAB II : Alif lam Syamsiyah dan Alif lam Qomariyah
Tugas : kerja kelompok dibagi dua kelompok
Hasil pembelajaran kelompok : Apa yang kamu  pahami tentang BAB I atau BAB II
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Nilai : _________                                                            Paraf Guru
Nilai keaktifan : 10
Jumlah Nilai : 10+10=20:2+10                                   (_________________)





Vertical Scroll: ILMU TAJWID
SEMESTER II
KELAS III
 




















BAB III
QOLQOLAH
STANDAR KOMPETENSI
Ø  Mengenal dan Mengaplikasikan Hukum Bacaan Qolqolah dan Macam-macam bacaan Qolqolah
KOMPETENSI DASAR
Ø  Siswa dapat  mengetahui pengertian dan macam-macam Qolqolah
Ø  Siswa dapat mengetahui huruf Qolqolah
Ø  Siswa  dapat memahami tanda bacaan Qolqolah
Ø  Siswa dapat mengaplikasikan bacaan Qolqolah

A.    Pengertian Qolqolah
1.      Qolqolah
Qalqalah secara bahasa artinya getaran, mantul atau membal. Qalqalah secara istilah  ialah memantul/getaran suara ketika membaca  kalimat (lafal) yang terdapat huruf berharakat sukun asli (asli mati) atau sukun karena waqaf atau diwaqafkan. Huruf qalqalah ada lima yaitu 
   ق , ط , ب , ج , د atau dibaca قَطْبُ جَدٍ Quthbujadin”
B.     Pembagian Hukum bacaan Qalqalah
Qolqolah terbagi dua diantaranya adalah Qolqolah Kubra (besar) dan Qolqolah Sugra (kecil).
a.       Qalqalah kubra
Qolqolah kubro (besar) yaitu apabila salah satu dari pada huruf qalqalah itu dimatikan karena waqaf atau berhenti. inilah Qalqalah yang paling utama, cara membacanya dikeraskan qalqalahnya. Cara membacanya menekan kuat mahraj huruf dari huruf qalqolah yang bersukun tersebut sehingga lafadnya memantul dengan lebih berkumandang dan lebih jelas.

Contoh:
1)      ب    :   وَّتَبَّ              dibaca  watab
2)       ج    :   ذات البروج   dibaca dzatil buruj
3)       د     :   أَحَدٌ              dibaca ahad
4)       ط    :   محيط            dibaca  muhiith
5)       ق    :   وَالطَّارِق        dibaca wat-thoriq

b.      Qolqolqh Sugro
Qalqalah Sugra (kecil) yaitu apabila salah satu daripada huruf qalqalah itu berbaris mati dan baris matinya adalah asli karena harakat sukun dan bukan karena waqaf. atau apabila salah satu huruf qolqolah benar-benar bersukun asli atau bersukun di tengah. Cara membacanya menekan kuat mahraj huruf dari huruf qalqolah yang bersukun tersebut sehingga lafadnya memantul dengan kuat dan jelas. contoh :
1)       ب    :   ضَبْحًا      dibaca shubhaa
2)       ج    :  أَلَمْ يَجْعَلْ    dibaca alam yaj’al
3)       د     :  ﻴَﺪْﻋُﻮﻥَ      dibaca yad’uuna
4)       ط    :  ﻴَﻄْﻤَﻌُﻮﻥَ    dibaca yathma’una
5)       ق    :  يم تـقو    dibaca taqwiim
C.     Cara membaca bacaan Qolqolah
a.       Cara membaca bacaan qolqolah kubro :
ö@è% èŒqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ   `ÏB ÎhŽŸ° $tB t,n=y{ ÇËÈ   `ÏBur ÎhŽŸ° @,Å%yñ #sŒÎ) |=s%ur ÇÌÈ   `ÏBur Ìhx© ÏM»sV»¤ÿ¨Z9$# Îû Ïs)ãèø9$# ÇÍÈ   `ÏBur Ìhx© >Å%tn #sŒÎ) y|¡ym ÇÎÈ  
b.      Cara membaca bacaan Qolqolqah sugro :
ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s? ÇÍÈ              
üÏ%©!$# OßgyJyèôÛr& `ÏiB 8íqã_ NßgoYtB#uäur ô`ÏiB ¤$öqyz ÇÍÈ  
žcÎ) št¥ÏR$x© uqèd çŽtIö/F{$# ÇÌÈ 
¢OèO çm»tR÷ŠyŠu Ÿ@xÿór& tû,Î#Ïÿ»y ÇÎÈ   
žwÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# óOßgn=sù íô_r& çŽöxî 5bqãYøÿxE ÇÏÈ  


Latihan 1
Kegiatan dilakukan menggunakan metode demontrasi.
Materi Pokok : Qolqolah
1.      Siswa diharapkan membaca materi tentang :
a.       Pengertian Qolqolah
b.      Huruf Qolqolah
c.       Contoh-contoh dan cara membaca Qolqolah
2.      Siswa diharapkan dapat memahami materi tentang :
a.       Pengertian dan macam-macam Qolqolah
b.      Huruf Qolqolah
c.       Contoh-controh dan cara membaca Qolqolah
3.      Guru memberikan tugas kepada siswa diantranya :
a.       Siswa dapat memberikan pemahaman tentang pengertian Qolqolah menurut pendapat siswa yang diketahuinya
b.      Siswa dapat memberikan contoh cara membaca Qolqolah yang diketahuinya

Nilai : ________                                                         Paraf Guru
·         keaktifan                         : 5
·         keberanian berpendapat  : 5
·         Pemahaman                     : 10                          ( ________________ )
Jumlah nilai 20: 2= 10                                                

Latihan  2
Kegiatan dilakukan mandiri
Materi Pokok : Qolqolah 
1.      Jelaskan pengertian Qolqolah menurut bahasa ?
____________________________________________________________________________________________________________________________
2.       Jelaskan pengertian Qolqolah Menurut isttilah  ?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.      Ada berapa jumlah huruf qolqolah dan sebutkan satu persatu  ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________­­­­­­__________
4.      Ada berapa macam pembabagian hukum bacaan Qolqolah ?
____________________________________________________________________________________________________________________________

Nilai : __________                                                                      Paraf Guru

                                                                                                (_______________)






Latihan 3
Kegiatan dilakukan mandiri dan tanya jawab
Materi Pokok : Qolqolah
1.      Coba jelaskan menurut kamu apa yang disebut dengan Qolqolah Kubro?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.      Coba jelaskan menurut kamu bagaimana cara pembacaan qolqolah Kubro?
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.      Coba tuliskan huruf-huruf qolqolah yang kamu katahui?
____________________________________________________________________________________________________________________________
4.      Coba tuliskan 5 contoh bacaan qolqolah kubro yang ada pada surat Al-Falaq yang kamu ketahui?
ö@è% èŒqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ   `ÏB ÎhŽŸ° $tB t,n=y{ ÇËÈ   `ÏBur ÎhŽŸ° @,Å%yñ #sŒÎ) |=s%ur ÇÌÈ   `ÏBur Ìhx© ÏM»sV»¤ÿ¨Z9$# Îû Ïs)ãèø9$# ÇÍÈ   `ÏBur Ìhx© >Å%tn #sŒÎ) y|¡ym ÇÎÈ  
a.       __________________ 
b.      __________________  
c.       __________________
d.      __________________
e.       __________________

Nilai : _________                                                            Paraf Guru
Nilai menyelesaikan tugas : 2                                     
                                                                                    (_________________)


Latihan 4
Kegiatan dilakukan mandiri dan tanya jawab
Materi Pokok : Qolqolah
1.      Coba jelaskan menurut kamu apa yang disebut dengan Qolqolah sugro?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.      Coba jelaskan menurut kamu bagaimana cara pembacaan qolqolah sugro?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.      Coba tuliskan huruf-huruf qolqolah yang kamu katahui?
____________________________________________________________________________________________________________________________
4.      Coba tuliskan 5 contoh bacaan qolqolah sugro yang ada pada ayat Alqur’an dibawah ini yang kamu ketahui?

ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s? ÇÍÈ  
üÏ%©!$# OßgyJyèôÛr& `ÏiB 8íqã_ NßgoYtB#uäur ô`ÏiB ¤$öqyz ÇÍÈ  
žcÎ) št¥ÏR$x© uqèd çŽtIö/F{$# ÇÌÈ 
¢OèO çm»tR÷ŠyŠu Ÿ@xÿór& tû,Î#Ïÿ»y ÇÎÈ   
žwÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# óOßgn=sù íô_r& çŽöxî 5bqãYøÿxE ÇÏÈ  
a.       __________________     d . __________________
b.      __________________     e. __________________
c.       __________________
Nilai : _________                                                            Paraf GuruNilai

menyelesaikan tugas : 2                                                (_________________)

Latihan 5
Kegiatan dilakukan berkelompok
Materi Pokok : Qolqolah
Buatlah kelompok sebanyak dua kelompok bersama temanmu dan diskusikan tentang
a.       Hukum bacaan Qolqolah !
b.      Hasil kerja kelompok bersama temanmu ditulis di bawah ini !
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Nilai : _________                                                            Paraf Guru
Nilai keaktifan  : 10                           
Jumlah Nilai : 10+10=20:2=10                                   (_________________)